Edisi 21-01-2017
Ditunjuk Tangani Timnas, Luis Milla Fokus ke SEA Games


JAKARTA – Luis Milla resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas senior dan U-22 yang akan berlaga di SEA Games 2017 Malaysia. Dia diikat kontrak dua tahun oleh PSSI.

Pembinaan pemain muda dan prestasi tertinggi di SEA Games menjadi fokus nakhoda berkebangsaan Spanyol tersebut. Kepastian soal Milla ini mematahkan peluang calon lain yang juga sempat diembuskan PSSI, yaitu Luiz Fernandez. Milla yang sudah tiba di Jakarta, Rabu (18/1), dinilai memiliki visi yang sama untuk mengangkat prestasi skuad Merah Putih di kancah internasional.

Presentasi pelatih kelahiran Teruel, Spanyol, 50 tahun silam tersebut mendapat pujian dari organisasi sepak bola tertinggi Indonesia tersebut. Milla akan mulai menukangi timnas Indonesia pada 8 Februari mendatang. Pengalaman saat menukangi tim yunior Spanyol sejak 2008 hingga 2012 bersama Spanyol U-19 hingga U-22 dijanjikan Milla akan disalurkan untuk mengangkat prestasi Indonesia.

Apalagi Milla juga mampu mengantar Spanyol U- 21 yang kala itu diperkuat Juan Mata, David de Gea, dan Thiago Alcantara keluar sebagai juara Piala Eropa U-21 pada 2011 lalu. ”Saya akan memaksimalkan pemain-pemain muda yang ada di Indonesia layaknya saya memaksimalkan pemain-pemain muda timnas Spanyol yang dulu pernah saya tangani.

Saya akan mencoba mentransfer pengalaman itu kepada pemain-pemain timnas Indonesia hingga mencapai performa yang diinginkan,” ungkap Milla dalam jumpa pers perdananya sebagai pelatih Indonesia di Kantor PSSI, Jakarta, kemarin. Lebih lanjut Milla berjanji akan menggunakan seluruh sumber daya yang dia dimiliki untuk memaksimalkan potensi Boaz Solossa dkk.

”Dengan proses yang sudah dicanangkan, saya yakin bisa meraih hasil yang terbaik bersama timnas Indonesia,” lanjut mantan arsitek Real Zaragoza tersebut. Sebagai langkah awal dalam memolestimnasIndonesia, Milla yangsempat berseragamBarcelona, RealMadrid, danValencia saat masih aktif bermain mengaku akanlebihdulumenjalinkomunikasi dengan para pelatih Indonesia.

Selain itu Milla sudah dibekali semua database para pemain Indonesiabaikditingkatsenioratau yang akan dipersiapkan turun di SEA Games 2017 pada Agustus mendatang maupun yunior. Rencananya Milla akan menyiapkan dua asisten pelatih yang akan membantu kerjanya selama menukangi skuad Merah Putih.

Mengedepankan kolektivitas dalam melatih, pria bernama lengkap Luis Milla Aspas ini juga akan menjalin komunikasi yang apik dengan PSSI dalam menyiapkan timnas Indonesia ke depannya. ”Saya akan mengorek semua informasi yang akan saya butuhkan untuk menyiapkan tim.

Berbicara dengan pelatih yang ada di Indonesia, mengetahui semua hal soal sepak bola Indonesia, termasuk lewat video, juga akan bekerja sama sangat erat dengan federasi sepak bola Indonesia dan berkomunikasi dengan pelatih-pelatih (timnas) Indonesia terdahulu,” papar Milla. Akan tetapi, di sisi lain, pelatih yangsemasaaktifbermainberposisi sebagai gelandang bertahan inimemilikikendalabahasa.

Milla diketahuihanyamampuberbahasa Spanyol dan tidak fasih menggunakan bahasa Inggris. Namun Millayakinhaltersebuttidakakan menjadi batu sandungan yang berarti. Karena menurutnya bahasa sepak bola bersifat universal yang mudah dimengerti. ”Besok pagi (hari ini) Milla pulang ke negaranya dan kembali lagi 31 Januari serta membawa program yang akan dilakukannya dalam tujuh bulan, termasuk program uji coba.

Kami akan siapkan 50 nama terbaik. Lawan Asia (uji coba) atau tryout , kami masih menunggu keinginan pelatih. Karena style lawannya seperti apa, itu bukan kami yang tentukan, tetapi pelatih,” papar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ade Wellington. Sementara itu Milla diprediksi mendapatkan gaji fantastis dari PSSI.

Meski organisasi di bawah kepemimpinan Edy Rahmayadi itu cenderung bungkam, bocoran soalberapabesarangajiMillasempat diutarakan Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI Iwan Budianto. Pria yangmasihaktifsebagai CEO Arema FC itu sempat menyatakan bahwa pelatih baru timnas Indonesia ini mendapat bayaran tiga kali lipat dari nilai yang diterima juru taktik tim Merah Putih sebelumnya Alfred Riedl.

Kabaryangtersiar, Riedldigaji Rp200 juta per bulan, dengan begitu kisaran gaji Milla adalah Rp600 juta per bulan. Dengan kontrak selama dua tahun, Milla akan mengantongi Rp14 miliar. Jikadilihat dari datayangtercantum di transfermarkt , gaji Milla dipatok 1 juta euro per tahun atau setara Rp14 miliar lebih.

”Kalau nilainya hanya masalah teknis. Kami menyiapkan bayaran pelatih lebih dari tiga kali dari gaji Riedl,” tutur IB— sapaan akrab Iwan—di sela-sela prosesi pemakanan penjaga gawang Singo Edan Arema Ahmad Kurniawan di Jakarta beberapa waktu lalu.

decky irawan jasri