Edisi 21-04-2017
Dua Pabrik Terbakar, Rugi Miliaran Rupiah


BEKASI – Dua perusahaan industri di Jalan Raya Lemahabang KM 58,5, Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, dini hari kemarin, hangus terbakar.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, kerugian akibat kebakaran hebat yang menimpa PT Budi Nusa Tata Prima (BNTP) dan PT Lami Park Primula Indonesia (LPI) ditaksir mencapai miliaran rupiah. “Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Kejadiannya begitu cepat,” kata Usman, 32, petugas keamanan. Menurut dia, percikan api berasal dari arah gudang belakang PT BNTP.

Saat kejadian karyawan di pabrik detergen tersebut sudah tidak ada aktivitas produksi. Api dengan cepat membesar dan membakar seluruh barang yang berada di gudang. Api kemudian menjalar ke gedung PT. LPI yang letaknya tidak jauh karena berada dalam satu area. “Plastik yang diproduksi PT LPI membuat api terus berkobar. Warga yang melihat kebakaran itu berupaya melakukan pemadaman dengan alat seadanya,” ucapnya. Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.45 WIB dibantu oleh delapan unit mobil pemadam kebakaran, di antaranya 5 unit dari Pemkab Bekasi, 2 unit dari Kawasan Industri Jababeka, dan 1 unit mobil Damkar dari PT Multi Strada Arah Sarana Cikarang Timur.

Kepala Subbagian (Kasubbag) Humas Polres Metro Bekasi Kompol Kunto Bagus mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi sementara, penyebab kebakaran tersebut diduga berasal dari akibat hubungan arus pendek listrik. “Tidak ada korban jiwa,” katanya. Kunto menambahkan, hingga kini pihak kepolisian masih meminta keterangan empat saksi yang melihat kejadian tersebut, di antaranya dari pihak karyawan, warga, petugas keamanan setempat.Tidak hanya itu, pihaknya juga mengerahkan tim Laboratorium forensik Mabes Polri untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

Kunto mengimbau kepada masyarakat, terutama pelaku industri, untuk berhati-hati dalam penggunaan arus listrik dan bahan yang bisa memicu kebakaran. Sebab, kejadian serupa sangat sering terjadi di wilayah setempat. Kasus ini ditangani Polsek Cikarang Timur dan Polrestro Bekasi.

Abdullah m surjaya