Edisi 21-01-2017
Babak Baru Hubungan Indonesia-Amerika


JAKARTA – Terpilihnya Donald Trump menjadi presiden baru Amerika Serikat (AS) membawa babak baru bagi hubungan Indonesia dengan negara adidaya tersebut. Terlebih Trump memiliki kedekatan dengan Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT).

Sekretaris Jenderal DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan, kedekatan HT dengan presiden ke-45 Amerika Serikat tersebut dapat menguntungkan posisi Indonesia ke depan. Selama ini Indonesia dengan Amerika terjalin hubungan bilateral yang cukup erat, antara lain di bidang ekonomi, pendidikan, kebudayaan, perdagangan, termasuk kerja sama bidang pertahanan.

“Kerja sama yang selama ini terjalin diharapkan akan semakin erat lagi,” ujar Rofiq saat dihubungi di Jakarta kemarin. Donald Trump dilantik menjadi presiden baru Amerika di Gedung Capitol, Washinton DC, dini hari tadi WIB. Pihak Gedung Putih me ngundang sejumlah tokoh pen ting dari berbagai penjuru dunia.

Dari Indonesia, Trump mengundang HT yang juga ketua umum DPP Partai Perindo. “Kehadiran HT dalam pelantikan Donald Trump ini juga menjadi suatu kehormatan bagi Indonesia,” kata Rofiq. Menurutnya Indonesia pantas berbangga hati karena HT berkesempatan menjadi tamu kehormatan pada acara yang mendapat sorotan dunia tersebut. Sebagai tamu undangan kehormatan, HT menurut Rofiq akan menghadiri seluruh rangkaian pelantikan Donald Trump dari pagi sampai malam hari.

Tidak hanya memiliki kedekatan, Trump dan HT juga dinilai memiliki kesamaan dalam visi di bidang ekonomi. Keputusan Trump melakukan proteksi pasar AS dari globalisasi merupakan visi kebangsaan yang juga telah lama didengungkan HT. “Amerika saja yang sudah kuat masih melakukan proteksi, Indonesia harusnya bisa seperti itu.

Ekonomi kita harusnya jangan terlalu terbuka terhadap pasar global,” kata pengamat psikologi politik Dewi Haroen saat dihubungi di Jakarta kemarin. Menurutnya, Indonesia jangan memberikan keuntungan yang terlalu besar kepada negara lain. Selama ini Indonesia melakukan impor untuk produk yang dimiliki bangsa sendiri.

Dia mencontohkan cabai, kedelai, beras, cangkul hingga tenaga kerja. Padahal semua itu bisa dihasilkan sendiri oleh masyarakat Indonesia. “Trump memberikan contoh bahwa ketika negara melakukan proteksi terhadap produk sendiri, itu bukan hal yang salah untuk dilakukan,” katanya. Dewi berpandangan AS akan mendukung Indonesia jika ingin mengikuti langkahnya dalam memberikan proteksi.

“Presiden Amerika Serikat ke-45 dengan Hary Tanoesoedibjo mempunyai hubungan yang baik sehingga memberikan keuntungan untuk kedua negara,” terangnya. Dewi meminta masyarakat dan Pemerintah Indonesia un tuk tidak terpengaruh dengan isu-isu negatif mengenai kebijakan Trump.

Selama ini China, Korea Selatan, Jepang, dan lainnya disebutnya menjadi negara yang aktif melakukan kegiatan ekspor ke Negeri Paman Sam tersebut. “Jangan terpengaruh dengan suara-suara yang negatif terhadap Trump. Apalagi ada hubungan baik yang sudah dijalin Hary Tanoe dengan Trump. Kita harus lihat dari sisi keuntungannya dan bisa kita terapkan untuk negara,” katanya.

Hadiri Pelantikan

Kemarin HT mengunggah foto di akun Instagram @Hary.Tanoesoedibjo yang menggambarkan kesiapannya menghadiri pelantikan Donald Trump. “Bersiap menghadiri Swearing In Ceremony Presiden AS Donald Trump,” tulisnya pada akun tersebut. HT yang mengenakan setelan jas berwarna hitam terlihat bersama istrinya Liliana Tanoesoedibjo yang tampil anggun.

Mereka berdua tampak sedang berada di salah satu ruangan Trump International Hotel Washington DC. Para netizen pun memberikan tanda suka dalam akun tersebut seraya mengucap salam dan selamat atas pelantikan Trump. Beberapa di antaranya mengomentari penampilan HT. Pemilik akun alberto_cung menuliskan kekagumannya.

“Keren Pak Hary,” ucapnya. Beda lagi komentar netizen di Twitter. “Saya salut dengan Pak Hary yang menjadi bagian dari sejarah sebuah bangsa. Bangga Indonesia punya Anda Pak,” tulis akun @OheoSinapoy_M05. Di sela-sela persiapan menghadiri pelantikan Trump, HT bertemu dengan Larry Glick, penasihat Trump.

Tampak dalam foto tersebut HT bersama istrinya Liliana Tanoesoedibjo dan Larry tengah bersiap menuju lokasi pelantikan. Mereka berada di salah satu ruangan Trump Hotel Washington DC. Foto tersebut juga diunggah HT di Instagram kemarin. “Bersama Larry Glick, sahabat dan advisor Presiden Donald Trump, Trump Hotel, Washington DC,” tulisnya.

Diperkirakan sekitar 900.000 orang akan berkumpul di Washingtonuntukturutmeramaikan prosesi pelantikan Trump ini. Sejumlah tokoh dilaporkan hadir dalam acara tersebut, antara lain calon presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan mantanPresidenAS BillClinton. Hadir juga mantan Presiden AS George W Bush, mantan Ibu Negara AS LauraBush, danmantanPresiden AS Jimmy Carter.

nesya/ muhammad ibrahim