Edisi 20-02-2017
Warga Kecewa Bus Wisata Uncal Tidak Beroperasi


BOGOR - Banyak warga Bogor mengaku kecewa karena saat hendak berwisata mengelilingi Kota Hujan ini menggunakan bus wisata Unforgettable City Tour at Lovable City (Uncal), yang biasa tersedia setiap akhir pekan, ternyata bus sudah tidak beroperasi lagi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan tak sedikit masyarakat dari berbagai daerah, bukan hanya Bogor, tetapi juga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, mempertanyakan keberadaan satu unit bus tersebut. Bus yang sempat booming saat pertama kali diluncurkan awal tahun lalu ini kini malah menghilang. “Kecewalah, saya sudah membawa mertua dan anak saya yang lima tahun pengen menikmati bus wisata Uncal yang ramai diberitakan, ternyata tidak ada. Seharusnya ada pengumuman atau pemberitahuan di lokasi tempat menunggu, ini malah kita bertanya-tanya,” kata Sopyan Tsauri, 38, warga Cibubur, Depok, saat ditemui di kawasan Tugu Kujang, Baranangsiang, Kota Bogor, kemarin.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat dimintai konfirmasi soal keberadaan bus yang bisa dinikmati gratis setiap akhir pekan itu berdalih bus tersebut sedang disempurnakan dengan dilengkapi berbagai interior untuk memperindahnya. “Saya jelaskan. Pertama Uncal dibawa kembali ke Cimahi untuk ditambah beberapa perlengkapan dan ornamen. Kedua setelah itu dilanjutkan untuk diproses izin operasionalnya karena ada beberapa perubahan peraturan baru (disesuaikan),” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pihaknya sudah berusaha agar Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menjadikan ini sebagai perhatian khusus agar Bus Uncal bisa kembali dioperasikan dan dinikmati masyarakat. “Jadi lebih baik sabar menunggu, tapi suratsurat lengkap dan kondisi aman dan laik jalan,” katanya.

Haryudi