Edisi 21-01-2017
275 Orang dan Mobil Masuk Gelembung Sabun


Seniman asal Republik Ceko, Matej Kodes, menjadikan gelembung sabun sebagai atraksi luar biasa. Kodes tidak sendirian melakukan aksinya. Dia dibantu 275 murid sekolah dan satu mobil. Aksinya pada Rabu (18/1) itu bertujuan memecahkan rekor nasional.

Kodes membuat gelembung sabun yang diklaim terbesar di dunia ini dengan bingkai empat persegi panjang berukuran 11 meter x 7,5 meter. Ratusan murid serta satu mobil pun masuk dalam bingkai raksasa ini. Kodes menetapkan syarat bagi murid yang terlibat dalam aksi itu harus memiliki tinggi badan lebih dari 156 cm.

Seperti dilansir Reuters , acara ini disaksikan langsung oleh Czech Book of Record, yang langsung menetapkan aksi Kodes memecahkan rekor nasional. Pada 2014 Kodes juga membukukan rekor untuk kategori orang terbanyak dalam gelembung sabun. Aksi yang dilakukan dua tahun lalu itu berhasil melibatkan 214 peserta.

Satu gelembung sabun yang dibuat di bumi dengan ukuran 10 meter dapat membesar hingga 100.000 kali lipat jika gelembung itu berada di orbit terendah bumi. Itu artinya, jika gelembung berukuran 1.000 km maka ukurannya sama dengan Charon, bulan di planet Pluto. Charon memiliki diameter sepanjang 1.200 km. Adapun, bulan dari planet Saturnus memiliki diameter 1050 - 1080 km.

Sedangkan, Ceres menjadi objek terbesar dalam cincin asteroid dengan diameter mencapai 970 km. Meski kita mungkin sering menyaksikan orang-orang bermain dengan gelembung sabun tapi tak ada yang dapat menyaingi gelembung sabun buatan Su Chung Tai. Pria asal Taiwan ini memegang dua rekor dunia yang dicatat Guinness World Record.

Rekor pertamanya dalam kategori meniup 15 gelembung sabun saling menyambung. Adapun, rekor kedua dia buat dalam kategori membuat rantai gelembung sabun sebanyak 30 gelembung. Chung Tai yang juga mendapat julukan Master Gelembung itu biasanya menampilkan aksinya di lokasi dengan tingkat kelembaban minimal 60%.

Dengan kondisi seperti itu, gelembung yang tercipta dapat bertahan lebih lama. Chung Tai sering tur keliling untuk beraksi bersama timnya yang dijuluki Be Fantasy. Dia selalu menampilkan elemenelemen artistik dalam setiap pertunjukannya.

Arvin