Edisi 24-03-2017
Bali Destinasi Wisata Terbaik 2017


DENPASAR – Pesona dan keindahan Pulau Dewata kembali mendapat pengakuan dunia. Situs pariwisata dalam jaringan TripAdvisor menobatkan Bali sebagai destinasi wisata terbaik 2017.

Penghargaan ini semakin melengkapi berbagai prestasi sebelumnya. Pada laman TripAdvisor, Bali berada di urutan pertama destinasi terbaik dunia dari 25 tujuan wisata. Bali menyisihkan London (Inggris) di peringkat kedua dan Paris (Prancis) di urutan tiga. Setelah itu terdapat Roma (Italia), New York City (AS), Crete (Yunani), Barcelona (Spanyol), Siem Reap (Kamboja), Praha (Republik Ceko), dan Phuket (Thailand). Bali sekaligus menjadi destinasi terbaik Asia.

Di kategori ini, Pulau Dewata mengungguli Siem Reap, Phuket, Hoi An (Vietnam), Katmandu (Nepal), Hanoi (Vietnam), Samui dan Bangkok (Thailand), Lombok (Indonesia), dan Tokyo (Jepang). Menteri Pariwisata Arief Yahya berterima kasih dan mengapresiasi penghargaan tersebut. ”Atas nama masyarakat Indonesia, saya ucapkan terima kasih kepada travellers dari seluruh penjuru dunia yang sudah mereviu positif tentang Bali sehingga menjadi destinasi terbaik dunia,” kata Arief dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/3).

Penghargaan yang diterima Bali tidak mengejutkan. Pada 2014, pulau yang terkenal dengan keindahan alam dan ragam budaya itu masuk 10 besar daftar pulau terbaik dunia oleh majalah Travel + Leisure. Kemudian, menjadi destinasi wisata dunia paling terdepan versi World Travel Awards. Setahun berikutnya, Bali menjadi lokasi bulan madu terbaik dunia versi pembaca Conde Nast Traveller. Tidak hanya itu, penghargaan internasional juga disematkan untuk kalangan masyarakat Bali. Yayasan Karang Lestari, misalnya, diganjar penghargaan peringkat kedua bidang inovasi oleh Badan Pariwisata Dunia (UNWTO).

Pada 2016, sejumlah penghargaan juga diberikan untuk Bali, seperti bandara terbaik ketiga dunia untuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Selain itu, Bali juga ditahbiskan sebagai destinasi restoran terbaik dunia. Arief mengungkapkan, penghargaan yang diperoleh melalui kompetisi panjang, serius, dan dilakukan oleh lembaga kredibel akan menaikkan citra bangsa Indonesia. Brand Wonderful Indonesia yang menjadi jargon pariwisata juga semakin bernilai. Produk pariwisata, kata Arief, merupakan tujuan. Ketika nilai merek sudah tinggi, produk layak dijual dengan harga mahal. ”Karena itu, penghargaan dunia seperti TripAdvidor ini sudah tentu akan mendongkrak brand value Bali,” kata dia.

Lebih jauh, menteri kelahiran Banyuwangi ini menyebut 3C dalam setiap kompetisi di dunia. Penghargaan akan mendongkrak confidence level atau tingkat kepercayaan diri secara internal Bali dan Indonesia, credibility atau kepercayaan publik global, dan calibration, artinya mendekatkan kriteria ideal sesuai standar global. ”Artinya, kalau Bali terpilih menjadi best destination, itu akan membuat Bali dan Indonesia semakin yakin dan pede bahwa bangsa ini bisa juara, bangsa ini bangsa pemenang, bangsa ini tidak kalah dari bangsa-bangsa lain di dunia,” katanya.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana sangat bangga dengan penghargaan ini. Menurutnya, Bali bukan saja dinilai paling bagus di Asia, melainkan juga dunia. ”Penghargaan ini sangat spesial karena Bali unggul pada kategori utama. Penghargaan ini untuk dan milik seluruh masyarakat Bali,” katanya.

Laman TripAdvisor menyebut, urutan 11 dan seterusnya pada kategori destinasi terbaik dunia ditempati Istanbul (Turki), kemudian Jamaika, Hoi An, St Petersburg (Rusia), Roatan Bay Islands (Honduras), Marrakes (Maroko), Ambergris Caye Belize (Karibia), Rio de Janeiro (Brasil), St Maarten (Karibia), Playa del Carmen (Meksiko), Dubai, Grand Cayman, Katmandu, Bora-Bora (French Polynesia), dan Cusco (Peru).

inda s/ant