Edisi 21-01-2017
Akun Wajib Follow


Fenomena DIY (Do It Yourself) atau yang diartikan dengan “Lakukan Sendiri” sangat populer beberapa tahun terakhir. Seiring dengan berkembangnya teknologi, para pencinta DIY gencar membuat akun untuk memfasilitasi dan menyebarkan hasil karya DIY siapa pun di media sosial, salah satunya Instagram.

Pengaruh media sosial yang sangat besar membuat para pencinta DIY berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang baru dan membagikannya kepada penikmat media sosial. Berikut ialah akun DIY di Instagram yang wajib diikuti.

Craftindonesia

Hal yang dikirim oleh craftindonesia ialah tidak beda dengan akun DIY tutorials lainnya, yaitu cara pembuatan barang DIY. Namun, yang menarik dari akun ini ialah banyak mengirimkan tutorial berupa video. Walaupun kiriman yang dikirimkan akun craftindonesia berasal dari berbagai sumber akun diy lain, craftindonesia berhasil memikat 12.900 pengikutnya dengan 601 kirimannya tersebut untuk membagikan kiriman DIY tutorials.

Diytutorials.id

Akun DIY tutorial Indonesia ini konsisten dalam memposting kiriman tutorial, yaitu hiasan dan aksesori yang unik. Walaupun baru mengirim 96 kiriman, diytutorials.id berhasil memikat 3.264 akun sebagai pengikut setianya. Selain itu, diytutorials.id juga bersedia membagikan hasil karya DIY siapa pun yang ingin dikirim ke laman diytutorials.id.

diy.id

Akun yang dibentuk tahun 2013 ini sudah mem-posting 3.873 tutorial DIY, bisa dibilang, diy.id merupakan akun DIY pertama buatan orang Indonesia. Diy.id sudah memiliki 170.000 pengikut. Di dalam akun terdapat gambar dan proses pembuatan secara detail barang DIY. Tidak hanya pembuatan barang, di dalam akun ini terdapat pula pembuatan makanan, pembuatan skin care dan cara merawat sesuatu. Selain itu, diy.id juga memfasilitasi siapa saja yang hasil karya DIY-nya ingin disebarkan di akun ini.

ideacreative.id

Ideacreative_id merupakan akun DIY yang tidak hanya menyebarkan bagaimana pembuatan barang DIY melainkan, akun ini juga menyebarkan gambar ide kreatif yang mungkin tidak pernah terpikirkan di dalam kehidupan sehari-hari. Akun ini sudah memiliki 166.000 pengikut dan sudah meng-upload 1.398 posting-an.

kreative_ide

Akun yang memiliki 137 posting-an—yang sebagian besarnya ialah proses pembuatan sebuah aksesori dengan barang yang sudah tidak terpakai. Walaupun pada posting-annya tidak mencantumkan detail cara pembuatan, gambar yang di-posting oleh admin cukup banyak menarik perhatian pengikutnya, yaitu sebanyak 42.100 pengikut.

NURUL IZZATI GEN SINDO
Polimedia Kreatif Jakarta