Edisi 23-02-2017
BCA Anggarkan Belanja Modal Rp4 T


JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp4 triliun tahun ini.

Rencananya dana tersebut sebagian akan digunakan untuk mengakuisisi dua bank, kemudian menyuntikkan dana untuk anak usaha, dan mengembangkan fintech. ”Kemungkinan dua bank yang nanti diakuisisi bakal fokus pada bank digital, karena kan nasabah BCA banyak jadi tidak terlalu berani eksperimen.

Kalau bank kecil lebih banyak eksperimen lebih menarik gitu,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta kemarin Menurut Jahja, sebenarnya aksi korporasi tersebut sudah direncanakan sejak tahun lalu, namun terhambat lantaran situasi yang tidak terlalu mendukung. Salah satunya dengan diberlakukannya program pengampunan pajak (tax amnesty) dan tidak kondusifnya situasi makroekonomi.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap kondisi perekonomian pada 2017 ini lebih bagus dan positif. ”Dua bank kecil yang akan diakuisisinya untuk mendukung bisnis digital dan financial technology (fintech) yang dimiliki perseroan,” katanya. Di sisi lain, Jahja mengungkapkan tahun ini BCA menargetkan pertumbuhan kredit dapat mencapai 10%.

Untuk mencapai target tersebut, ada beberapa sektor yang dianggap masih menjanjikan salah satunya segmen korporasi. ”Kami juga mengusahakan agar kredit ritel dapat terus berkembang. Kami juga mengandalkan penyaluran kredit konsumsi pada kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB).

Makanya, di tahu ini kedua produk kredit itu akan dioptimalkan,” paparnya. Menurut dia, dengan bunga yang murah, maka diprediksi kedua jenis kredit konsumsi tersebut akan dapat tumbuh dengan baik pada tahun ini. Dalam ulang tahunnya yang ke- 60 tahun ini BCA terus memperkuat dan berinovasi dalam fitur dan layanan digital.

Kali ini, perseroan menghadirkan produk dan layanan terbaru yakni wajah baru paspor BCA, eBranch BCA, halo BCA Chat, serta Vira (Virtual Assistant Chat Banking BCA). Sementara itu, bagi nasabah yang ingin memiliki kendaraan roda empat, BCA memberikan bunga 3,60% untuk tenor 36 bulan dari KKB BCA.

kunthi fahmar sandy