Edisi 27-03-2017
MNC Sekuritas Terus Ekspansi ke Sumatera


JAKARTA - PT MNC Sekuritas meresmikan Galeri Investasi (GI) Bursa Efek Indonesia (BEI) di Universitas Dharmas Indonesia (Undhari), Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akhir pekan lalu.

Galeri investasi ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran mahasiswa berinvestasi di dunia pasar modal. Peresmian GI BEI di Undhari merupakan peresmian Galeri Investasi ke-5 yang dilakukan MNC Sekuritas pada tahun 2017, setelah sebelumnya meresmikan GI BEI di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, STIE Widya Dharma Pontianak, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. GI BEI Undhari merupakan Galeri Investasi ke-45 MNC Sekuritas sekaligus merupakan point of sales ke-82.

Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas Fifi Virgantria mengungkapkan wilayah Sumatera memiliki daya tarik tersendiri bagi perseroan. Sebelumnya MNC Sekuritas telah memiliki 15 point of sales di Pulau Sumatera yang tersebar di tujuh kota besar antara lain, Kota Aceh, Medan, Palembang, Padang, Pekanbaru, Jambi, dan Lampung. ”Di wilayah Sumatera Barat, kami sudah memiliki dua poin, yaitu Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Padang dan Galeri Investasi BEI Universitas Dharma Andalas Padang. Dengan diresmikannya Galeri Investasi BEI Undhari, kami memiliki total tiga point of sales di wilayah Sumbar,” katanya.

Menurut dia, jumlah nasabah MNC Sekuritas di Sumatera mengalami peningkatan signifikan selama tiga tahun terakhir dengan rata-rata pertumbuhan lebih dari tiga kali lipat dari tahun ke tahun pada tahun2014hinggatahun2016. Pertumbuhan jumlah nasabah berbanding lurus terhadap pertumbuhan nilai transaksi. Nilai transaksi di MNC Sekuritas area Sumatera sepanjang tahun 2016 bertumbuh lebih dari empat kali lipat dibandingkan dengan tahun 2015.

Tentu kegiatan edukasi yang dilakukan secara berkelanjutan memberikan pengaruh positif terhadap MNC Sekuritas. Secara nasional, total jumlah nasabah MNC Sekuritas juga terlihat mencatatkan pertumbuhan positif dari sebelumnya sekitar 18.000 nasabah menjadi lebih dari 20.000 nasabah per Februari 2017. Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK Ghontor R Aziz di Pulau Punjung menyebutkan, dengan aktifnya galeri investasi bisa memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar Undhari Dharmasraya.

OJK mengapresiasi program yang melibatkan perusahaan MNC Sekuritas dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia termasuk di Undhari, dalam upaya mengenalkan pasar modal hingga civitas akademika sebagai agen perubahan pada masa mendatang. Dia berharap mahasiswa Undhari dan masyarakat Dharmasraya lebih cepat memahami bagaimana dunia pasar modal bekerja. Karena saat ini sudah bisa melakukan praktek di galeri investasi sehingga tidak hanya teori.

Sementara Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat me nyeb u tkan, peluncuran galeri investasi di Undhari merupakan ke delapan di Sumbar dan ke-16 sepanjang 2017. Hingga saat ini jumlah galeri sudah mencapai 256 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hatim varabi/ ant