Edisi 21-04-2017
ASDP Bangun Kawasan Komersial di Labuan Bajo


MANGGARAI BARAT – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggandeng PT PP (Persero) Tbk dan PT Patra Jasa membangun kawasan komersial di Labuan Bajo dengan investasi senilai Rp400 miliar.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi, mengatakan kawasan komersial yang diberi nama Labuan Bajo Marina tersebut akan terintegrasi dengan sejumlah fasilitas seperti pelabuhan, dermaga penyeberangan, hotel, dan tempat pelelangan iklan (TPI). “Penandatanganan joint venture dengan PT PP dan Patra Jasa dilakukan pada Desember 2016, konstruksi ditargetkan selama 12 bulan dan diharapkan Desember 2018 sudah bisa grand opening ,” kata Faik, saat menghadiri groundbreaking Labuan Bajo Marina di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kemarin.

Kawasan komersial yang berdiri di atas lahan seluas 8.000 m2 tersebut dapat disandari kapal pesiar dan juga bisa menampung hingga 70 yacht. Selain itu akan dibangun juga hotel berbintang empat dengan kapasitas sebanyak 180 kamar. Sebagian besar saham dari proyek patungan tersebut atau sekitar 51% dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry, karena pengembangan proyeknya berada di atas lahan perseroan. Sementara sisanya dimiliki PT Patra Jasa sebesar 25% dan PT PP sebesar 24%. “Kawasan komersial ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah, selain itu untuk mendukung target 20 juta wisatawan asing ke Indonesia pada 2019 mendatang,” ujar Faik.

Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan perusahaan pelat merah didorong untuk terus mendukung pemerintah daerah (pemda) dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya. Dia berharap dengan dibangunnya kawasan komersial tersebut dapat menjadikan Labuan Bajo sebagai pusat wisata baru selain Bali. “Saya berharap pada 2019 kawasan Labuan Bajo ini bisa dikenal dunia seperti Bali,” paparnya.

Heru febrianto