Edisi 21-01-2017
Imlek Dongkrak Kunjungan Wisman China ke Indonesia


JAKARTA - Momen Imlek akan mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan mencapai 2,45 juta orang.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) menggandeng kedutaan dan konsulat jenderal China di Bali akan menggelar acara khusus perayaan Imlek bersama di Bali yang akan menampilkan juga atraksi budaya China. Acara yang digelar pada 27-28 Januari di Kuta, Bali, itu rencananya dihadiri 1.000 wisman China.

”Pada musim liburan Imlek bulan ini kita proyeksikan sekitar 30.000 wisman China yang berwisata ke Bali,” ujar Ketua Asita Asnawi Bahar saat dihubungi KORAN SINDO di Jakarta kemarin. Asnawi menuturkan, saat musim liburan, kunjungan wisman China ke Bali bisa mencapai 5.000 orang per hari. Beberapa di antaranya menggunakan pesawat charter. Perayaan Imlek bersama di Bali diharapkan bisa membuat wisman China terkesan dan merasa seperti sedang merayakan di kampung halamannya.

”Imlek itu kan seperti Lebaran- nya orang China. Kalau mereka terkesan dengan Imlek di Bali, mereka akan mempromosikan Bali ke keluarga dan teman-temannya,” katanya. Terpisah, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengungkapkan, tahun ini Kemenpar memasang target pasar wisman asal greater China (Hong Kong, Taiwan, RRT) sebanyak 2,45 juta wisman, dan menempati urutan pertama dari lima pasar terbesar Indonesia.

Urutan kedua dan ketiga adalah Singapura sebanyak 2,28 juta dan Eropa sebanyak 2,19 juta. Selanjutnya di urutan keempat adalah Australia dengan angka 1,82 juta dan kelima Malaysia sebanyak 1,77 juta. Kunjungan wisman dari greater China meningkat pesat dalam dua tahun terakhir. Pada tahun sebelumnya pasar China menempati urutan ke- 4, setelah Singapura, Malaysia, dan Australia.

Pitana mengapreasiasi upaya promosi Indonesia secara kreatif di ajang internasional mancanegara seperti ”Rythem of The Spring Festival ” yang juga disiarkan oleh televisi ke seluruh dunia pada acara istimewa menyambut malam tahun baru Imlek 2017.

inda susanti