Edisi 24-04-2017
Ujian Awal Tanpa Ibrahimovic


BURNLEY- Ancaman absennya Zlatan Ibrahimovic hingga akhir musim karena cedera, membuat pendukung Manchester United (MU) waswas.

Pelatih MU Jose Mourinho dituntut tidak saja menemukan pengganti Ibrahimovic sebagai target man, tapi juga yang bersedia menanggung beban menjadi tumpuan gol The Red Devils. Skenario itu akan diuji saat The Red Devilsdijamu Burnley di Turf Moor, Burnley, nanti malam. Ibra mengalami cedera parah ketika tampil membela MU saat menjamu Anderlecht pada legkedua perempat final Europa League, Jumat (21/4) dini hari. Mantan bomber Juventus, AC Milan, dan Paris Saint Germain (PSG) itu mengalami cedera setelah mendarat tidak sempurna seusai mencoba menggapai bola.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak MU terkait kondisi terakhir Ibra, berbagai media Inggris banyak yang memprediksi bahwa Ibra kemungkinan tidak akan bisa lagi tampil hingga akhir musim. Striker35 tahun ini pun disebutsebut mengalami luka robek yang cukup parah di otot ligamen. Tidak hanya akan absen hingga akhir musim di kompetisi tertinggi Inggris itu, Ibra akan melewatkan laga penting The Red Devilsdi Europa League. Di mana sebelum menapakkan satu kaki di partai pamungkas, MU akan lebih dulu bertanding dua leg pada babak semifinal kontra wakil Spanyol, Celta de Vigo. Potensi absennya Ibra hingga akhir musim pun jelas memusingkan Mourinho.

Mengingat pada musim ini, Ibra adalah bomber utama lini depan MU. Total 28 gol yang mampu disumbangkan pada 46 laga yang sudah dijalaninya bersama klub yang bermarkas di Old Trafford Stadium itu. “Tapi (meski Ibra cedera dan diprediksi absen hingga akhir musim) di lini serang kami punya pilihan. (Wayne) Rooney telah siap dan mungkin (Juan) Mata juga bisa kembali sebelum musim ini berakhir. Mari kita lihat bersama apa yang akan terjadi,” ungkap Mourinho, seperti dilansir Soccerway.

Rooney menjadi opsi karena sudah sembuh dari cedera pergelangan kaki. Dia sudah berada dalam skuad timnya saat bermain dengan Anderlech di Liga Europa, Jumat (21/4) lalu. Menurut Mourinho, Rooney memiliki mentalitas baik dan seorang pejuang. “Dia adalah pemain yang kuat, bahkan jika dia tidak dalam kondisi terbaik, ketajamannya sangat dibutuhkan. Dia memiliki pengalaman dan karakter. Jadi, dia harus melakukannya,” tandasnya. Di luar dua nama yang disebutkan pelatih asal Portugal itu, strikermuda Marcus Rashford diprediksi menjadi pemain yang sangat membantu MU.

“Saya pikir ketika seorang pemain sudah mencapai tingkat tertentu, tidak masuk akal kembali berada di level bawahnya. Sekarang saya akan memainkan pemain di bawah umur untuk memenangi derbymelawan Man City,” paparnya. Pujian pada performa Rashford juga disampaikan gelandang legendaris The Red Devils,Paul Scholes. “Ketika saya melihatnya (Rashford) bermain untuk tim junior MU, dia mencetak 30-40 gol dalam satu musim. Saya tahu pemain ini bisa melakukan penyelesaian akhir dengan baik dan mencetak gol,” tegas Scholes.

Dengan menyisakan tujuh pertandingan Liga Primer musim ini, MU jelas masih membutuhkan beberapa pemain untuk mendapatkan satu tempat di Liga Champhions. Sampai saat ini, The Red Devillsdi posisi kelima dengan 60 poin atau berselisih empat angka dari Manchester City yang akan dilawannya saat bertemu di Stadion Etihad, Jumat (28/4) dini hari WIB.

Decky irawan jasri