Edisi 21-01-2017
Ancaman The Lilywhites


MANCHESTER– Kehadiran Tottenham Hotspur di Etihad Stadium pada pekan ke-21 Liga Primer, dini hari nanti, bisa memperparah tekanan kepada Pelatih Manchester City (Man City) Pep Guardiola. Mampukah Guardiola mengatasinya?

Sulit dipercaya skuad Man City yang dibangun dengan belanja senilai Rp2,46 triliun bisa di - per malukan 0-4 di Goodison Park, markas Everton, pekan lalu. Kekalahan memalukan itu membuat Guardiola frustrasi melihat jarak 10 poin timnya yang ada di peringkat 5 dengan Chelsea yang duduk di puncak klasemen. Kini Guardiola harus mencari formula yang tepat untuk membangunkan ar - madanya.

Sebab, mereka kedatangan tamu yang sedang dalam performa mentereng dengan melahap tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi, termasuk memutus rentetan 13 kemenangan Chelsea. Total 21 gol berhasil dikemas The Lilywhitesdalam periode ter se but. Pekan lalu Harry Kane dkk me nun juk - kan hegemoninya dengan mem - bantai West Bromwich Albion 4-0.

Jangan lupa, Tottenham adalah tim pertama yang mampu mengalahkan pasukan Guardiola 0-2 di White Hart Lane, 2 Oktober lalu, se te - lah The Citi - zens tak pernah kalah dan meraih delapan ke me nang - an dari sembilan laga awalnya di semua kom - petisi musim ini. Terlebih, Pelatih Tottenham Mauricio Po - chettino menginstruksikan timnya mendemonstrasikan kelayakan me reka bersaing dalam pacuan juara musim ini.

Ya, saat ini Tottenham ada di posisi 2 dengan poin 45, tertinggal tujuh angka dari Chelsea. Mereka juga memburu kemenangan ketujuh beruntun di liga untuk pertama kali sejak 1967. “Kami harus berusaha menunjukkan bahwa kami bisa menjadi penantang juara se - sungguhnya pada Liga Primer. Itu tantangan nyata.

Lebih penting kami menunjukkan diri kami sendiri ketimbang kepada Man City,” ujar Pochettino, dikutip AFP . Meski begitu, pelatih asal Argentina itu tetap respek dengan kekuatan tuan rumah. Dia juga memberi dukungan kepada Guardiola yang dalam kondisi tertekan. “Saya kenal Guardiola sangat baik.

Dia pelatih hebat, salah satu yang terbaik. Ketika Anda datang ke klub baru, Anda perlu beradaptasi dengan budaya yang baru,” ungkap Pochettino. Dia juga tak mau mencoret The Citizens dari persaingan juara musim ini. “Hati-hati, mereka hanya selisih tiga poin di belakang kami dan mereka masih di Liga Champions.

Penghakimannya pada akhir musim,” ucap Pochettino. Ya, meski tertinggal jauh, Sergio Aguero dkk layak berharap. Kehadiran Gabriel Jesus yang dibeli 27 juta poundsterling dari Palmeiras bisa mengatrol performa mereka. Striker 19 tahun itu bisa melakoni debutnya pada laga nanti. “Ini liga yang sangat berat.

Saya berharap cepat beradaptasi. Saya tahu ini tak akan mudah, tapi semua tergantung saya sendiri dalam usaha menjalani transisi ini. Saya tak takut mendapatkan kesempatan seperti ini untuk mengubah hidup saya,” ujar pemain yang mendapat nomor 33 itu.

abdul haris