Edisi 11-01-2017
Dikuasai Madrid-Barca


ZURICH– Lima pemain Real Madrid dan empat pilar Barcelona memenuhi daftar Tim Terbaik FIFA yang diumumkan di Zurich, Swiss, dini hari kemarin. Ironisnya, tak ada nama Antoine Griezmann yang masuk finalis pemain terbaik.

Federasi sepak bola dunia itu mengungkap tim terbaik yang mereka sebut sebagai FIFPro World XI. Cristiano Ronaldo yang didaulat sebagai pemain terbaik pada penganugerahan itu sudah pasti masuk tim terbaik tersebut. Begitu pun Lionel Messi yang menjadi rivalnya. Namun, Griezmann yang menempati posisi ketiga pemain terbaik dunia justru terlempar. Striker Atletico Madrid dan tim nasional Prancis itu kalah bersaing dengan barisan punggawa Madrid dan Barca. Ya, dua klub raksasa asal Spanyol itu menguasai The Best XI yang memakai pola 4-3-3 tersebut.

Madrid men - catatkan lima nama, yakni Ro - nal do, Toni Kroos, Luka Mo - dric, Marcelo, dan Sergio Ra - mos. Sementara Barca me - norehkan empat pemain, yak - ni Messi, Luis Suarez, Andres Iniesta, dan Gerard Pique. Satu-satunya pemain bukan kiper yang bukan berkostum kedua klub tersebut hanya Dani Alves. Itu pun bek asal Brasil tersebut menghabiskan setengah tahun 2016 di Barca sebelum hijrah ke Juventus. Satu lagi adalah kiper Bayern Muenchen Manuel Neuer.

Tim terbaik ini dipilih oleh seluruh pesepak bola profesional di seluruh dunia. Pada bulan September setiap tahunnya sekitar 45.000 surat suara dikirim ke seluruh asosiasi pesepak bola profesional yang merupakan anggota FIFPro. Kemudian, pada bulan Oktober, surat suara tersebut dikirim balik ke markas besar FIFPro.

Pada akhir November, FIFPro dan FIFA bersamasama mengumumkan 55 nama kandidat yang terdiri atas 5 kiper, 20 defender, 15 midfielder , dan 15 striker. Baru pada Januari diumumkan anggota 11 tim terbaik tersebut pada penganugerahan pemain terbaik dunia.

Abdul haris