Edisi 21-01-2017
Perjalanan Mulus Senegal


FRANCEVILLE– Senegal menjadi tim pertama yang memastikan diri ke babak perempat final Piala Afrika 2017. Mereka mendapatkan tiket itu setelah menang 2-0 atas Zimbabwe di pertandingan kedua penyisihan Grup B di Stade de Franceville, Gabon, dini hari kemarin.

Sadio Mane kembali menjadi aktor kemenangan Lions of Teranga, julukan Senegal, di pertandingan tersebut. Gelandang serang milik Liverpool itu kembali mencetak gol kedua di turnamen tersebut setelah membobol gawang Zimbabwe pada menit kesembilan.

Kontribusi Mane membuat Senegal semakin percaya diri yang berimbas terciptanya gol berikutnya dari Henri Saivet empat menit kemudian. Senegal kini tinggal menunggu runner-upGrup A, meski Mane dkk masih menyisakan satu pertandingan penyisihan grup kontra Aljazair, Senin (23/1).

“Saya bangga melihat permainan tim secara keseluruhan. Hasil ini sesuai keinginan kami,” ujar Pelatih Senegal Aliou Cisse, dikutip Reuters. Sementara Aljazair harus bersusah payah untuk lolos dari penyisihan grup. Pasalnya, mereka menuai kekalahan 1-2 dari Tunisia di Franceville, sebelum pertandingan Senegal kontra Zimbabwe.

Sofiane Hanni hanya bisa memperkecil ketertinggalan pada masa injury-time setelah tertinggal dua gol lebih dulu lantaran gol bunuh diri Aissa Mandi (50) dan gol penalti Naim Sliti (66). Kegagalan itu membuat posisi mereka lengser ke peringkat 3 dengan satu poin.

Mereka harus bisa memenangkan laga terakhir kontra Senegal sambil berharap Tunisia terjungkal ketika menghadapi Zimbabwe, Senin (23/1). Di pertandingan penyisihan Grup D, Ghana akan bentrok dengan Mali di Stade de Port-Gentil, dini hari ini.

Setelah itu giliran Mesir menghadapi Uganda. Ghana memiliki peluang lebih besar memenangkan laga kontra Mali, terlebih merujuk skuad mumpuni yang dimiliki The Black Stars. Sementara Mesir akan menargetkan tiga angka di laga nanti. Mereka berambisi bisa mendapatkan itu setelah bermain imbang 1-1 dengan Mali.

edi yuli