Edisi 21-01-2017
Basna Sangat Penting bagi Arema


MALANG–Pelatih Arema FC Aji Santoso tak bisa menutupi kegembiraannya dengan ke da - tang an bek Yanto Basna. Walau si pemain be - lum berlatih, arsitek sekaligus legendaris Arema ini menyebut keberadaan Basna bakal sangat krusial bagi Arema.

Arema sangat membutuhkan centre back sete lah ditinggal Hamka Hamzah ke PSM Ma kas - sar. Memang masih ada Ryuji Utomo yang bisa dioptimalkan bersama bek nantinya. Namun, keberadaan Basna sangat melegakan, terutama karena sepak terjangnya selama ini. Aji menyebut dalam kondisi seperti se ka - rang tidak mudah mendapatkan bek tengah yang berpengalaman di klub besar sekaligus tim nasional.

“Usianya memang masih muda. Tapi, dia sudah menunjukkan kematangan dalam bermain,” tutur Aji. Saking yakinnya dengan kualitas mantan pemain Persib Bandung itu, pelatih kelahiran Kepanjen, Malang, ini menyebut Basna bakal langsung disodori kontrak. “Tidak ada trial untuk Basna. Kami sudah tahu kualitasnya dan dia layak langsung dikontrak,” kata Aji.

Bek dengan postur 183 cm tersebut selama ini berjibaku di tim sekelas Mitra Kukar dan Persib. Dia juga tercatat di tim nasional dengan level berbeda, yakni timnas U-19, timnas U-21, dan timnas senior. Bermain di Persib musim lalu menjadi bukti kualitas Basna.

Kedatangan Basna membuat Aji bisa tenang menghadapi pekerjaan rumah di lini per ta han - an. Paling tidak, memiliki dua centre back lokal sekelas Basna dan Ryuji sangat me ma dai me - ngarungi kompetisi 2017.

kukuh setyawan