Edisi 20-03-2017
Madrid tak Jemawa


BILBAO – Real Madrid berhasil mengudeta klasemen sementara Primera Liga dari tangan Barcelona seusai mengalahkan Athletic Bilbao 2-1 di Stadion San Mames, Sabtu (18/3) malam.

Selain itu, kemenangan atas Bilbao sekaligus memperpanjang catatan apik Sergio Ramos dkk yang belum terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir semua kompetisi. Dua gol Los Blancos, julukan Madrid, disumbangkan Karim Benzema pada menit ke-25 dan Casemiro (68). Sementara tim tamu memperkecil ketertinggalan lewat Aritz Aduriz pada menit ke-65. Hasil positif di San Mames membuat Madrid naik ke puncak klasemen sementara dengan 65 poin. Madrid unggul lima poin dari Barca yang melorot ke peringkat 2.

Meski sukses memuncaki klasemen sementara, Pelatih Real Madrid Zanedine Zidane melarang Sergio Ramos dkk jemawa. ”Ini memang pertandingan penting yang harus kami menangkan. Namun, masa tersisa 11 pertandingan lagi. Kami berada di posisi teratas, tapi itu tidak berarti apa pun. Kami menyadari bahwa laga-laga berikutnya akan jauh lebih sulit,” ujar Zidane, dilansir Goal. Pelatih asal Prancis ini mengatakan, tambahan tiga poin dari Bilbao dengan perjuangan ekstra lantaran lawan memberikan perlawanan sengit sepanjang pertandingan.

”Kami menang di lapangan yang sulit. Kami cukup kesulitan, tapi saat bersamaan kami menunjukkan sikap yang tepat. Kami tahu Bilbao tidak akan menyerah hingga peluit akhir dan mereka memberikan kami beberapa masalah. Mereka mampu mencetak gol pada babak kedua karena bermain lebih baik,” kata Zidane. Zidane juga enggan merayakan keberhasilan mereka bertengger di puncak klasemen sementara. Dia menilai, langkah Madrid untuk menjadi juara bakal sulit hingga akhir musim nanti.

Terlebih, Barca kemungkinan besar akan kembali memangkas jarak menjadi dua poin, terutama jika mampu mengalahkan Valencia dini hari tadi. Karena itu, Zidane memilih fokus mempersiapkan timnya sebaik mungkin. Seusai memasuki jeda internasional pekan depan, Los Blancoskembali melanjutkan perjuangan pada Primera Liga saat menjamu Deportivo Alaves, Minggu (2/4). Laga tersebut juga terasa spesial bagi sang bintang, Cristiano ’CR7’ Ronaldo.

Dua assist-nya kepada Benzema dan Casemiro membuat jumlah assist-nya sejauh ini menjadi 10. CR7bahkan mengukir rekor individu sebagai pemain Madrid pertama yang mampu mencetak 26 gol dan mengemas 10 assistmusim ini di semua kompetisi. Meski hanya bermain selama 79 menit, Zidane beralasan jika keputusannya menarik keluar CR7 semata-mata kebutuhan strategi.

”Kami membutuhkan keseimbangan dengan menggunakan pola 4-4-2. Mengganti Cristiano tidak berarti apa-apa. Dia bisa saja digantikan dari waktu ke waktu. Cristiano tetap bahagia dapat membantu tim. Kami ingin seimbang dalam bertahan maupun menyerang. Cristiano, Gareth Bale, dan Benzema bekerja sangat keras sehingga kami memasukkan Alvaro Morata dan Isco yang lebih segar,” paparnya.

Di kubu lawan, kekalahan mengakhiri rentetan dua kemenangan beruntun Bilbao. Tim berjuluk Los Leonestersebut tertahan di peringkat 7 (44 poin). Mereka pun makin tertinggal dari persaingan gelar. Skuad besutan Ernesto Valverde tertinggal empat poin menuju Liga Europa.

Alimansyah