Edisi 20-02-2017
Belum 100% Bugar


MANCHESTER – Keinginan Josep Guardiola memainkan kembali Vincent Kompany akhirnya batal. Diprediksi merumput melawan Huddersfield Town, Sabtu (18/2), bek tim nasional Belgia itu justru kembali hanya duduk manis di depan layar televisi.

Guardiola mengungkapkan keputusan untuk belum memainkan sang kapten sematamata merupakan bagian dari pencegahan. Juru taktik asal Spanyol tersebut bahkan menganggap Kompany tidak memiliki masalah yang mencemaskan. “Dua hari lalu, dia merasakan sesuatu di kakinya. Tapi, saya tidak berpikir ini sesuatu yang serius. Saya pikir cederanya sama seperti yang dialami Gael Clichy,” kata Guardiola, dilansir Soccerway. Sejak musim lalu, Kompany memang sangat sibuk menjalani perawatan cedera. Musim lalu, dia dibekap cedera betis.

Musim ini, dia memulai kompetisi dengan proses pemulihan cedera pangkal paha. Kesialan semakin menjadi ketika Kompany menderita kerusakan ligamen lutut setelah bertabrakan dengan Claudio Bravo pada Januari lalu. Pemain berusia 30 tahun tersebut sebenarnya telah pulih. Dia juga sudah masuk skuad Man City di tiga laga terakhir Liga Primer, yaitu kontra West Ham United, Swansea City, dan Bournemouth. Tapi, Guardiola ternyata memilih tidak menurunkannya.

Begitu pula dengan laga versus Huddersfield. Guardiola berharap Kompany benar-benar terbebas dari cedera sebelum tampil di lapangan. Maklum, mereka kekurangan stok di lini pertahanan. Man City hanya menyisakan dua bek tengah murni, yakni John Stones dan Nicolas Otomendi. Artinya, bila kondisinya membaik, bukan tidak mungkin Kompany akan diberikan kesempatan melawan AS Monaco pada Liga Champions, midweeknanti.

“Jadwal pertandingan kami sangat padat. Sekarang, fokus kami sepenuhnya tertuju ke Monaco,” ucap Guardiola.

Alimansyah