Edisi 11-01-2017
Adaptasi Regulasi Baru


JAKARTA– Kongres Tahunan PSSI 2017 di Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/1), melahirkan berbagai regulasi baru untuk musim kompetisi tahun ini.

Regulasi baru yang sudah diputuskan dalam kongres tersebut membuat klub dan pemain dipacu beradaptasi dengan cepat. Di Indonesia Super League (ISL), misalnya. Regulasi baru yang paling kentara adalah pembatasan kuota pemain yang berusia 35 tahun. Klub kontestan hanya diperbolehkan mengikat maksimal dua pemain di atas 35 tahun. Aturan itu berlaku untuk pemain asing ataupun lokal. Sementara di Divisi Utama hanya diizinkan mengikat lima pemain di atas 25 tahun.

Pembatasan usia, langsung memunculkan pro-kontra. Satu sisi akan dianggap bagus memberikan kesempatan pemain muda tampil. Tapi, regulasi tersebut seolah sebagai langkah mematikan karier seorang pemain. Tapi, tidak menurut Ambrizal. Pemain belakang yang berusia 35 tahun pada Februari mendatang itu tetap memandang positif keputusan baru tersebut. Bek yang pernah membela PSPS Pekanbaru, Sriwijaya FC (SFC), Persija Jakarta, hingga Barito Putera ini menghargai keputusan PSSI. “Saya rasa itu bagus. Karena, akan membuat pemain-pemain muda lebih banyak kesempatan tampil di kompetisi tertinggi Indonesia,” ungkap Ambrizal, kepada KORAN SINDO, kemarin.

Peraturan baru tersebut membuat dia termotivasi bersaing. “Saya pikir itu akan bagus untuk para pemain senior agar lebih termotivasi untuk terus menjaga kondisi fisik dengan baik,” tutur Ambrizal. Gelandang muda Adam Alis juga menyambut positif kebijakan tersebut. Dengan begitu, para pemain muda juga wajib menyiapkan diri dengan baik agar mampu bersaing di level atas. Menurutnya, selama ini banyak pemain muda kurang jam bermain sehingga tidak maksimal saat diberikan kesempatan tampil.

“Dengan adanya kesempatan ini seharusnya hal-hal seperti itu harus segera dipersiapkan. Jangan sampai kesempatan datang, tapi si pemain sendiri tidak siap,” tutur Adam, yang sempat membela klub Bahrain, East Riffa FC 2015 lalu. Manajer Persipura Jayapura Rudi Maswi menegaskan akan mengikuti kebijakan baru. “Jadi, bagi Persipura, adanya regulasiregulasi baru tidak akan jadi masalah bagi kami. Mudah-mudahan menjadi langkah yang baik ke depan,” papar Rudi.

Dari Pelembang, pembatasan usia pemain dianggap membuat banyak klub harus kembali merombak formasi. Sekretaris SFC Faisal Mursyid mengatakan, dengan hanya dua pemain berusia 35 tahun, klub tentu harus mencari pemain baru di bawah usia tersebut. Manajemen menutup rapat-rapat pemain rekrutan karena banyaknya pemain SFC berstatus gaek yang akan diganti.

”Tujuan PSSI sekarang meningkatkan pembinaan agar pemain muda mendapatkan banyak kesempatan,” ujar Faisal. Sementara itu, PSSI mengaku jika regulasi-regulasi tersebut masih akan dikaji. Apalagi, saat pemaparan, klub merespons dengan meminta waktu satu sampai tiga pekan sebelum memberi tanggapan.

Decky irawan jasri/ mohammad moeslim