Edisi 11-01-2017
IBL 2017 Ubah Sistem Pertandingan


JAKARTA– Indonesia Basketball League (IBL) 2017 memiliki inovasi baru saat digelar pada 20 Januari– 6 Mei mendatang.

Selain mengubah format pertandingan, kompetisi bola basket terbesar di Tanah Air itu akan kedatangan 20 pemain asing. Pada tahun ini Kompetisi IBL 2017 menggunakan format sistem dua divisi, yaitu merah dan putih. Divisi merah dihuni CLS Knight Surabaya, Satria Muda Pertamina, Bank BJB Garuda Bandung, JNS Siliwangi, Bima Perkasa Jogya. Sementara divisi putih diisi Pelita Jaya, W88.news Aspac Jakarta, Hangtuah Sumsel, Satya Wacana, Salatiga, NSH, dan Pacific Caesar. Menurut Direktur Utama IBL Hasan Gozali, perubahan sistem pertandingan ini bertujuan membangun rivalitas antarklub.

Tim yang berada satu poolakan bertemu satu kali dan tim dari poolberbeda akan bertemu satu kali. Pembagian divisi itu diurutkan berdasarkan hasil peringkat klub musim lalu. ”Inovasi yang kami hadirkan sengaja kami lakukan setelah mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat memajukan liga dari sisi tontonan maupun dari sisi kompetisi,” kata Hasan saat konferensi pers di Hotel Santika, Slipi, Jakarta, kemarin. Selain itu, IBL 2017 yang menampilkan 20 pemain asing dan setiap tim hanya akan diperbolehkan maksimal dua pemain asing. Sementara untuk CLS dan Aspac hanya diperbolehkan satu pemain karena sudah memiliki satu pebasket asing dina-turalisasi.

Pihak penyelenggara membiayai kedatangan dan gaji pemain selama musim ini. ”Gaji pemain asing USD3.000 (Rp39 juta). Tidak boleh lebih dari itu. Sedangkan untuk kebutuhan seperti akomodasi, penginapan, dan biaya selama di sini, pihak klub yang membiayainya semua,” tuturnya. Seluruh pencinta basket di Indonesia juga dapat menikmati pertandingan- pertandingan pilihan IBL melalui tayangan langsung di iNews TV. Sementara 95 pertandingan IBL lain akan ditayangkan secara langsung melalui live streamingdan indihome. Laga yang ditayangkan adalah tim-tim unggulan, khususnya CLS Knight yang merupakan juara bertahan musim lalu.

Sementara itu, Director Legal Corsec and Network iNews TV Wijaya Kusuma mengatakan, ini merupakan inovasi baru menayangkan kompetisi bola basket Indonesia. Menurut dia, ajang ini merupakan salah satu program yang sudah sejalan dengan misi dari stasiun televisi grup MNC itu, yaitu newsdan sports. Untuk IBL 2017, iNews TVakan menayangkan 15 pertandingan, termasuk semifinal pada 21, 23, 28 dan 30 April, serta final 4 dan 6 Mei mendatang. Pertandingan digelar di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

”Komitmen iNews TVdalam menyiarkan eventini adalah dalam rangka memberi ruang yang seluasluasnya kepada potensi nasional untuk menunjukkan bakat dan talentanya di dunia basket nasional, sekaligus menyiapkan wadah apresiasi,” ungkap Wijaya.

Raikhul amar