Edisi 12-01-2017
Mulai Menggeliat


LONDON – Tim Liga Primer mulai melakukan pencarian pemain baru pada bursa transfer musim dingin ini. Mereka memiliki tujuan sama dalam perekrutan tersebut, yakni bisa memperbaiki kekurangan tim hingga akhir musim ini. Everton, misalnya.

Tim berjuluk The Toffeesitu mendapatkan Morgan Schneiderlin dari Manchester United (MU) senilai 24 juta poundsterling. Schneiderlin pun dikabarkan tengah menjalani tes medis di Goodison Park, kandang Everton. Pelatih MU Jose Mourinho membenarkan kabar tersebut. Pelatih berpaspor Portugal itu bahkan sudah mendapat izin melepas Schneiderlin dari para petinggi Setan Merah. ”Saya sudah berbincang dengan Woodward (wakil pemimpin eksekutif MU) sebelum menghadapi Hull City. Situasinya sudah jelas, di mana Morgan akan menuju Everton,” kata Mourinho, dilansir Daily Mail.

Sementara Schneiderlin tak sabar mengenakan seragam The Toffees. Gelandang berusia 27 tahun asal Prancis itu bahkan ingin segera merumput di Goodison Park. Keinginan Schneiderlin bisa dimengerti, apalagi dia bisa bereuni dengan Pelatih Ronald Koeman. Keduanya pernah bekerja sama saat membela Southampton. ”Saya memandang positif kesepakatan ini. Saya berharap mendapat keberuntungan saat membela Everton,” tutur Schneiderlin.

Bournemouth pun tak mau ketinggalan kereta. Mereka memanfaatkan kesempatan bursa transfer ini dengan membidik skipperChelsea John Terry. Manajemen Bournemouth antusias Terry akan memperkuat tim mereka sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim ini. Bournemouth bisa saja mendapatkan Terry, apalagi bek berusia 36 tahun itu telah terpinggirkan sebagai palang pintu The Blues. ”Kami akan memanfaatkan momentum ini untuk membujuk Terry,” ujar Pelatih Bournemouth Eddie Howe. Yang jelas, keinginan Bournemouth meminjam Terry lantaran mereka akan ditinggal Nathan Ake yang kembali ke Chelsea awal pekan depan.

Tugasnya membela Bournemouth sebagai pemain pinjaman sudah berakhir. Howe memang sangat membutuhkan tenaga bek sepeninggal Ake nanti. Dia pun berharap Terry bisa menyetujui keinginan timnya. ”Kontrak Terry sebenarnya akan segera berakhir di Chelsea. Tapi, kami enggan membahas itu, karena kami lebih membutuhkan tenaganya di sini,” tuturnya.

Sementara Arsenal melanjutkan tradisi lama mereka dalam pembelian pemain. The Gunners, julukan Arsenal, membeli pemain berusia 20 tahun dari tim amatir Hednesford Town, Cohen Bramall. Namun, ada hal unik dalam pembelian Arsenal kali ini. Pelatih Arsene Wenger tak peduli ketika pemain yang beroperasi sebagai bek kiri itu memiliki pekerjaan sampingan sebagai karyawan sebuah pabrik otomotif Bentley Motors di Crewe, Inggris.

Bramall bahkan mendapatkan gaji sekitar 400 poundsterling per pekan dari pekerjaannya itu. Kini dia menerima upah sebesar 3.000 poundsterling per pekan dari manajemen Arsenal. Wenger tentu memiliki rencana dalam perekrutan Bramall. Pelatih asal Prancis itu saat ini hanya menitipkan Bramall dalam skuad Arsenal U-23. ”Saya tentu memiliki pertimbangan merekrutnya dan saya berharap dia menunjukkan progres di sini,” ujar Wenger.

Edi yuli