Edisi 21-01-2017
Ivan Rakitic Pastikan Bertahan di Camp Nou


SAN SEBASTIAN– Rumor kepindahan Ivan Rakitic ke Liga Primer untuk membela Manchester City (Man City) akhirnya terjawab. Gelandang tim nasional Kroasia itu menegaskan ingin bertahan di Camp Nou dan membela Barcelona untuk jangka waktu lama.

”Saya berharap bisa bertahan di sini selama bertahun-tahun ke depan. Kontrak saya berlaku hingga 2019, tapi saya siap menandatangani kontrak baru. Sebenarnya saya sedikit khawatir karena ingin terus bermain. Namun, saya percaya sepenuhnya kepada pelatih. Jika dia menilai saya layak tampil, saya yakin akan bermain,” ujar Rakitic, dilansir Soccerway.

Isu tentang hijrahnya mantan pemain Sevilla itu ke Man City muncul akibat menimnya jam terbang musim ini. Tercatat, dia baru tampil 24 kali di semua kompetisi dengan 13 di antaranya di Primera Liga. Banyaknya stok pemain tengah menjadi salah satu penyebab. Kendati mengakui ketatnya persaingan menembus tim utama, Rakitic mengaku sudah sangat kerasan bersama El Barca.

Optimisme Rakitic terbayar dini hari kemarin karena Luis Enrique menurunkannya menghadapi Real Sociedad pada legpertama perempat final Copa del Rey. Walau hanya bermain sekitar 69 menit, itu cukup menjadi sinyal kuat jika tenaga Rakitic masih dibutuhkan Enrique. Lini tengah Barcelona solid sehingga lebih nyaman dalam melakukan serangan.

Buktinya, El Barca menang 1-0 lewat eksekusi penalti Neymar. Hasil positif itu membuat Enrique begitu semringah. Pasalnya, itu menyudahi episode buruk Barcelona yang sebelumnya tidak mampu menang di Estadio Municipal de Anoeta sejak 2007. Secara khusus, Enrique memberikan kredit kepada lini pertahanannya yang sangat disiplin untuk membuat Sociedad frustrasi.

”Tim bekerja sangat keras. Sepanjang pertandingan kami menunjukkan usaha, sikap, serta konsentrasi tinggi. Para pemain belakang sangat solid. Kami semakin leluasa mengurung Socieadad di wilayahnya,” ungkap Enrique seusai laga. Namun, Enrique enggan larut dalam euforia karena masih banyak pertandingan yang akan dijalani Barcelona ke depan di Primera Liga dan Copa del Rey.

”Kemenangan ini sangat istimewa setelah bertahuntahun kami tidak menang diAnoeta. Tapi, kami menyadari semuanya belum berakhir. Legkedua akan sengit karena Sociedad akan melakukan apa pun untuk lolos ke semifinal,” pungkas Enrique.

Alimansyah