Edisi 24-03-2017
Pembuka Jalan Sean ke F1


BOLOGNA – Pembalap Sean Gelael menjaga asa Indonesia di ajang balap Formula 1 (F1) setelah secara resmi diumumkan sebagai pembalap penguji di tim Scuderia Toro Rosso.

Kesempatan ini membuka jalan Sean menuju balapan F1. Sean resmi diumumkan tim F1 Scuderia Toro Rosso sebagai salah satu pembalap penguji mereka untuk musim 2017. Kabar ini menjadi perhatian kalangan otomotif dunia yang pada saat hampir bersamaan sedang menantikan ajang balapan perdana di Melbourne Australia, akhir pekan ini. Lewat akun Twitter resminya, Toro Rosso juga mengunggah foto Sean yang sedang melakukan penyesuaian tempat duduk mobil F1 Toro Rosso di markas mereka di Faenza, Italia. Situs resmi Formula 1 menurunkan ulasannya dengan judul “F2 Racer Gelael to test for Toro Rosso”.

“Ini seperti mimpi,” kata Sean, kemarin. Driver berusia 20 tahun ini mengaku menjadi pembalap penguji di Toro Rosso akan menjadi tantangan besar buat dirinya. Karena itu, dia berharap bisa tampil bagus dan konsisten pada balapan F2. “Saya tahu ini merupakan kesempatan besar dalam karier balap saya,” kata Sean, yang musim ini akan tampil secara penuh di ajang F2 bersama tim Pertamina Arden. Kabar dari Faenza ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang sepertinya tak akan lama lagi bisa menyaksikan pembalapnya di ajang balap kasta tertinggi kursi tunggal Formula 1.

Sean, yang pada musim ini akan berkolaborasi dengan pembalap Prancis Norman Nato, diberi kesempatan menguji mobil Toro Rosso STR12 di Sirkuit Bahrain, Hungaria, dan Abu Dhabi. Menjadi driver penguji membuat Sean menorehkan sejarah sebagai pembalap pertama yang bukan merupakan binaan tim Red Bull atau Toro Rosso, namun dipercaya sebagai pembalap penguji di tim ini.

“Terima kasih kepada Toro Rosso yang telah memberi saya kesempatan dan dukungan,” sebut Sean. Toro Rosso mulai mengikuti balapan F1 pada 2006. Musim ini Toro Rosso mengandalkan pembalap Carloz Sainz Jr dan Daniil Kvyat. Dengan bergabungnya Sean mengikuti tes mengemudikan mobil STR12 bisa jadi sebagai tanda positif akan ada lagi pembalap Indonesia di balap F1.

Maruf