Edisi 20-02-2017
Pilih Fokus Siapkan Tim


JAKARTA–Pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia Indra Sjafri enggan berbicara banyak terkait hasil drawing Piala AFF U-18/2017 yang akan dihelat di Yangon, Myanmar, 4–17 September.

Mantan pelatih Bali United itu mengaku fokus utamanya saat ini adalah mencari pemain potensial yang akan mengikuti seleksi. Hasil drawingyang berlangsung, Sabtu (18/2), menempatkan Indonesia di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, dan Selandia Baru. Adapun Grup A ditempati enam kontestan lain seperti tim kuat Thailand, Timor Leste, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos. Indra yang sukses mengantar skuad Garuda Jaya,julukan timnas U-19, meraih gelar juara Piala AFF 2013 lalu menyatakan periode persiapan akan dilakukan awal Maret. Namun, jadwal pemanggilan pemain dan lokasi pelatihan nasional (pelatnas) sama sekali belum ditentukan.

“Buat kami, biasa saja (hasil drawingPiala AFF U-18). Yang kami fokuskan hanya melakukan persiapan matang dan kerja lebih keras lagi untuk mencari pemain. Rencananya, per 1 Maret periode sudah akan dilakukan. Tapi, berapa pemain yang dipanggil dan TC di mana belum ditentukan,” ungkap Indra, kepada KORAN SINDO, kemarin. Sejauh ini pelatih asal Sumatera Barat itu mengaku persiapan yang dilakukan masih dalam tahap pemantauan di tingkat regional. Setelah proses penyaringan regional sudah digelar, seleksi lebih luas di tingkat nasional akan dilakukan tim kepelatihan di bawah Indra.

“Kami di tingkat (pencarian pemain untuk timnas U-19) regional dulu sebelum nasional. Di beberapa titik regional sudah kami mulai. Sekarang, saya ada di Jawa Barat, ada juga yang di Medan, di Yogyakarta, dan Jepara. Jawa Tengah dan Yogyakarta diregionalkan di Magelang. Jawa Barat di Bandung,” papar Indra. Untuk Piala AFF U-18, Indonesia yang ditukangi Fachry Husaini pun akan turun di Piala AFF U-15 di Bangkok, Thailand, Juli mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama beberapa tim kuat seperti Australia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Singapura.

Tidak hanya itu, Indonesia juga bakal tampil di Piala AFF U-15 Wanita, 6–18 Mei mendatang di Vientiane, Laos. Tim yang akan ditukangi Rully Nere tersebut tergabung di Grup B bersama Filipina, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste. Satu ajang lain yang juga diikuti Indonesia adalah Piala AFF Futsal 2017 pada 23 Oktober–3 November di Ho Chi Minh City, Vietnam. Timnas futsal Indonesia yang kini ditukangi Pelatih kawakan asal Belanda Victor ‘Vic’ Hermans lebih dulu mempersiapkan tim tampil di ajang Piala AFC Futsal U-22 yang rencananya dimainkan di Bangkok, Thailand, 9–21 Mei mendatang.

decky irawan jasri