Edisi 11-01-2017
Kembalinya Pemain Terbaik The Reds


SOUTHAMPTON– Liverpool mendapat kabar gembira jelang menghadapi Southampton pada semifinal Piala Liga di St Mary’s Stadium, dini hari nanti.

Ya, gelandang andalan Philippe Coutinho dipastikan bisa tampil pada pertandingan tersebut. Pelatih Liverpool Juergen Klopp sangat antusias dengan kembalinya Coutinho. Pasalnya, pemain asal Brasil itu sudah hampir tujuh pekan absen akibat mengalami masalah pada pergelangan ligamen. Namun, Coutinho tampaknya akan memulai dari bangku cadangan agar bisa lebih fit saat menghadapi Manchester United (MU) pada lanjutan Liga Primer di Old Trafford, Minggu (15/1).

“Saya pikir Phil, panggilan Coutinho, cukup fit untuk menjadi bagian dari skuad. Tapi, itu tergantung pada permainan,” kata Klopp, dilansir Guardian. “Dia cukup lama absen, sekitar enam atau tujuh pekan, sehingga membutuhkan pelatihan khusus. Jika tidak, kami memiliki tiga hari untuk mempersiapkan dirinya melawan MU,” lanjutnya. Klopp kemungkinan akan mengembalikan pemain utama dalam permainan nanti setelah diistirahatkan saat ditahan imbang tanpa gol oleh Pymouth Argyle pada babak kelima Piala FA di Anfield, Minggu (8/1). Apalagi, ada beberapa pemainnya yang sudah menunjukkan peningkatan dari cederanya.

Jordan Henderson yang mengalami masalah pada tumit sudah ditargetkan kembali ke dalam latihan. Begitu juga dengan James Miller yang sudah tidak memiliki rasa sakit di betis. Bahkan, bek Liverpool asal Jerman Joel Matip sudah menunjukkan kemajuan pada cedera pergelangan kaki. Dengan begitu, Klopp semakin yakin bisa mendapatkan hasil bagus pada pertandingan nanti. “Sekarang, kami memiliki 18, 19, atau 20 pemain yang siap bermain. Beberapa dari mereka bermain kemarin dan kami harus melihat bagaimana mereka bereaksi dan bagaimana pemain lain yang tidak terlibat. Kami pun semakin percaya diri pada pertandingan nanti,” papar Klopp.

Selain dengan kembalinya beberapa pilar utama, Liverpool pun diuntungkan dengan kekuatan lawan yang sedikit berkurang. The Saints, julukan Southampton, akan tampil tanpa sang kapten Jose Fonte. Bukan karena mengalami cedera, melainkan keterkaitannya hijrah ke MU pada bursa transfer nanti meski masih memiliki kontrak sampai Juni 2018. Pelatih Southampton Claude Puel menegaskan pemainnya itu tidak akan dimasukkan ke skuad saat menjamu Liverpool. Ini menjadi laga kedua Fonte tak bermain bersama tim.

Sebelumnya, pemain asal Portugal itu juga tak diturunkan saat pasukannya ditahan imbang 2-2 oleh Norwich City di babak ketiga Piala FA, Sabtu (7/1). “Fonte tidak akan berpartisipasi dalam permainan ini. Kami akan melihat untuk pertandingan berikutnya. Sangat penting bagi saya untuk menjaga stabilitas di lini pertahanan. Kami tidak tahu masa depan untuk Fonte, mungkin agak sulit karena situasi. Dia adalah seorang profesional yang baik dan kami harus menghormati ini,” ungkap Puel.

Raikhul amar