Edisi 12-01-2017
Pebulutangkis Timnas dan Dunia Ambil Bagian


JAKARTA– Pebulutangkis dunia siap meramaikan Djarum Superliga Badminton 2017. Turnamen yang menyiapkan hadiah total Rp3,3 miliar itu diselenggarakan di GOR DBL Arena, Surabaya, 19–26 Februari mendatang.

Dua tahun lalu GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali, menjadi saksi kemeriahan dan sengitnya persaingan Djarum Superliga Badminton 2015. Kala itu Jaya Raya yang turut diperkuat Ratchanok lntanon sukses menjadi juara di nomor beregu putri. Sementara Musica Champion Kudus yang dimotori Lee Yong Dae berhasil mempertahankan gelar juaranya di nomor beregu putra. “Surabaya dipilih kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan, selain karena memiliki fasilitas yang memadai, kami juga menilai bahwa animo masyarakat Surabaya terhadap bulu tangkis itu luar biasa,” ujar Direktur Djarum Superliga Badminton Achmad Budiharto dalam jumpa pers di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, kemarin.

Klub-klub terbaik Tanah Air pun sudah menyatakan ikut serta di ajang berhadiah total USD250.000 atau setara dengan Rp3,3 miliar itu. Total hadiah tersebut dibagi rata di dua kelompok putra dan putri. Distribusinya adalah sang juara mendapat USD60,000, runner-upUSD30.000, peringkat ketiga USD20.000, dan peringkat keempat USD15.000. Tahun ini ada 19 peserta dari kelompok putra dan putri asal Indonesia, Jepang, dan Thailand.

Di beregu putra, Musica Champion akan berupaya mempertahankan gelarnya dengan bersaing bersama Djarum Kudus, Mutiara Cardinal, Berkat Abadi, Suryanaga Mutiara Timur Surabaya, USM blibli.com ditambah Granular (Thailand), Gifu Tricky Panders (Jepang), dan Hitachi (Jepang). Di beregu putri, Jaya Raya Jakarta akan bersaing bersama Djarum Kudus, USM blibli.com, Mutiara Cardinal, Berkat Abadi, Suryanaga Mutiara Timur Surabaya, ditambah wakil Jepang Hokuto Bank, Gifu Tricky Panders, serta Saishunkan Ltd dan Granular dari Thailand.

Sejumlah pebulu tangkis top dunia juga dipastikan tampil di ajang Djarum Superliga 2017 ini, di antaranya juara ganda campuran Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir, Tommy Sugiarto, Praveen/ Debby Susanto, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Lee Yong Dae, Lee Hyun Ill, Akane Yamaguchi, Tanongsak Saensomboonsuk, dan beberapa pebulu tangkis lain. Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) Wiranto sangat mendukung penuh terselenggaranya Kompetisi Djarum Superliga Badminton 2017 ini.

Pasalnya, ajang ini diharapkan menjadi salah satu wadah untuk mencari bibit-bibit muda atlet Indonesia. ”Klub-klub bulu tangkis Indonesia pasti bertujuan menghasilkan pebulu tangkis hebat untuk Indonesia. Dengan adanya ajang ini, otomatis sangat berdampak besar dalam mencari pembibitan atlet. Sebab, mereka bisa memberikan kesempatan kepada atletnya bermain dan akan menjadi pengalaman berharga menghadapi pebulu tangkis dunia,” ujar Wiranto.

Raikhul amar