Edisi 20-03-2017
Inovasi TDS MotoGP Untungkan Pembalap


LESMO – Seri perdana MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (26/3), menjadi debut bagi para pembalap untuk mengarungi persaingan musim ini.

Pada musim balapan kali ini ada inovasi baru yang dilakukan produsen ban MotoGP, Michelin. Inovasi Tyre Detection System(TDS), yakni penggunaan sistem nirkabel untuk mengidentifikasi kondisi ban di lintasan. Direktur Teknisi Michelin Nicolas Goubert mengatakan, sistem ini akan sangat membantu para pembalap dan tim, termasuk para fansMotoGP. Goubert menjelaskan, terdapat sensor Tyre Air Pressure (TAPS) yang diletakkan di ban dan dipasang dengan ID masing-masing.

Sinyal tersebut kemudian dibaca oleh transponder motor dan dikirim ke penyelenggara. Informasi ini langsung dikirim Dorna Sport ke televisi yang menyiarkan siaran langsung balapan MotoGP 2017. ”Kami telah melakukan tiga kali uji coba ban baru untuk digunakan dalam MotoGP 2017. Kami memperkenalkan ban depan baru di Valencia dan bekerja dengan baik,” tutur Goubert, dilansir Tuttosport.

”Setelah tiga kali tes pembalap telah diberikan beberapa pilihan yang sangat menguntungkan dan bermanfaat. Tim dan pembalap bisa melakukan perubahan pada motornya dengan penggunaan ban baru,” ujarnya. Sementara itu, kiprah pembalap tim Movistar Yamaha Maverick Vinales pada sesi uji coba pramusim di Sirkuit Losail memang luar biasa. Dari tiga hari uji coba yang berlangsung, Vinales mampu menjadi tercepat. Dengan hasil tersebut, Vinales pun sukses menyapu bersih keempat uji coba pramusim dengan performa yang luar biasa.

Hal tersebut pun membuat namanya makin diunggulkan untuk menjadi rival utama sang juara bertahan, Marc Marquez, di kejuaraan dunia tahun ini. ”Akan sangat menyenangkan menghadapi Marc, saya sangat menghormatinya. Kami saling kenal sejak anak-anak, dia rideragresif, saya harus berupaya keras mengalahkannya,” ucap Vinales.

Sazili mustofa