Edisi 20-03-2017
11 Nama Dikantongi, DIY Masuk Catatan


YOGYAKARTA– Sebelas nama pemain seleksi tim nasional Indonesia U-16 dari Regional V telah dikantongi oleh tim pelatih.

Dari beberapa daerah seperti Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT), perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga masuk catatan dan berpeluang mengikuti seleksi nasional di Jakarta, 23–29 Maret 2017. Pelatih Timnas U-16 Fachry Husaini menjelaskan, dari Regional V Yogyakarta kemarin didapat sekitar delapan pemain. Kalau ditambah dengan tiga pemain yang masuk nominator sebelumnya jadi 11 pemain.

”Mereka bertiga sudah kami pantau sejak ikut Liga Pelajar U-14 di Subang, Jawa Barat. Yang datang lagi (dan ikut seleksi) mewakili asprov masing-masing. Dua di antaranya dari Jawa Timur, satu dari Jateng, ada Bali dan NTT juga, DIY masuk catatan kami,” ujarnya kepada KORAN SINDO YOGYAkemarin. Ke-11 pemain ini mewakili semua posisi seperti dua kiper, striker, sayap, hingga gelandang.

Namun, untuk detail nama-nama yang lolos seleksi tersebut, Fachry masih enggan mengungkapkan mengingat masih ada kemungkinan para pemain dari berbagai daerah ini bisa terdegradasi kembali. Tidak hanya dari Regional V Yogyakarta, juga empat regional sebelumnya, seperti Jayapura, Makassar, Balikpapan, Medan. Dalam hal ini, pihaknya berencana mengumumkannya sekaligus pada 22 Maret 2017 seusai seleksi regional terakhir di Lapangan Sunter, Jakarta, digelar pada 20-21 Maret ini.

Ada 55 pemain yang diambil untuk mengikuti seleksi tingkat nasional kemudian dijaring lagi menjadi 25–30 pemain yang akan menjalani pemusatan latihan pada awal April 2017. ”Untuk namanya belum bisa disebutkan, sekaligus nanti 55 pemain setelah seleksi (regional) yang di Jakarta. Karena nama-nama itu bergerak dan masih terus evaluasi sampai dengan besok (Senin, 20/3) di Jakarta. Bisa saja ada pemain yang tampil lebih baik, dan lainnya terdegradasi,” ujarnya.

Ada 52 peserta dari perwakilan Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) DIY, Jateng, Jatim, Bali, dan NTT yang berkesempatan mengikuti seleksi timnas U-16 Regional V di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 17- 18 Maret ini. Beberapa daerah yang belum ikut serta di regional masing-masing, seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Banten, Jawa Barat yang seharusnya masuk Regional V, kemudian Lampung, Palembang, dan Bengkulu yang masuk dalam Regional IV diberikan kesempatan untuk menjalani proses seleksi di Regional VI Jakarta.

Empat aspek seperti fisik, teknik, taktik, dan mental tetap menjadi pertimbangan utama supaya bisa lolos seleksi.

Siti estuningsih