Edisi 24-04-2017
Smartphone Tiongkok Dominasi Pasar Dunia


MESKI Huawei di Indonesia berjuang tertatih-tatih untuk mendapatkan traksi, namun secara global mereka tetap yang terbesar. Tepatnya, menjadi vendor ponsel ketiga terbesar dunia.

Menurut laporan Counterpoint, pengiriman smartphoneHuawei menduduki posisi ketiga setelah Samsung dan Apple dengan total pengiriman 139 juta unit per tahun. Total pengiriman untuk pasar luar negeri Huawei nyaris setara dengan pengiriman untuk pasar domestik Tiongkok, yaitu mencapai 45%. Peringkat keempat dan kelima sendiri ditempati oleh brand Tiongkok lainnya, yaitu Oppo dan Vivo. Counterpoint mencatat, secara global pengiriman smartphone telah mendekati angka 1,5 miliar unit di mana 30% di antaranya dikuasai oleh vendor-vendor smartphoneasal Tiongkok. Apa kunci sukses Huawei?

Pada akhir 2016 Huawei Consumer Business Group telah mengantongi lebih dari 11.000 paten dan menambahkan setidaknya 1.500 paten baru setiap tahun. Pertumbuhan terbesar Huawei ada di pasar seperti Afrika Utara, Amerika Latin, dan Asia Tengah. Model flagship terbaru mereka adalah P10 dan P10 Plus yang diperkenalkan di Mobile World Congress pada Februari 2017 silam. Adapun di Indonesia, Huawei mengandalkan P9 yang dibanderol Rp7 jutaan.

Danang arradian