Edisi 12-01-2017
Provokasi Toyota Camry


Toyota Camry mencoba memprovokasi pengkritik dengan tampilan baru yang lebih berani. Mobil terbaru Toyota ini memiliki aura sporty yang kuat serta fokus pada dinamika berkendara.

Masih berpikir Toyota Camry terlalu kuno untuk sebuah papan atas? Masih mengkritik mobil ini memiliki desain dasbor yang seadanya? Jika iya, buang-buang jauh anggapan itu ketika Anda melihat Toyota Camry terbaru yang baru saja diluncurkan di Detroit, Amerika Serikat, baru-baru ini. Toyota Camry baru seolah memprovokasi para pengkritiknya dengan tampilan yang lebih berani, sporty sekaligus seksi.

Bisa dibilang berkat desain baru tersebut, Toyota Camry bisa lebih percaya diri ketika disandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya yang juga hadir dengan desain yang catchy seperti Mazda6 dan Honda Accord. “Kami ingin membuat semua orang yang melihat mobil ini tergoda.

Untuk itu, kami mencoba menciptakan sebuah mobil yang bisa memberikan kegembiraan dan kesenangan saat berada di dalamnya,” ujar Masato Katsumata, Chief Engineer of the New Camry. Toyota Camry memang terlihat baru. Hal yang pertama terasa adalah kesannya. Sekarang mobil ini terasa lebih seperti sedan sport ketimbang sedan mewah.

Hal ini terjadi berkat garis-garis dinamis yang ada di sekujur tubuh Toyota Camry, serta atap mobil yang dibuat rendah hingga bagian belakang. Bagian kap mesin juga penuh dengan garis-garis mengalir. Alhasil, mobil ini benar-benar terlihat stand out bahkan dalam keadaan diam. Grille mobil juga tampil berani. Tidak ada lagi grille yang konvensional seperti Camry lama.

Grille juga menye - suaikan dengan varian yang ada LE dan XLE yang berorientasi kenyamanan serta SE dan XSE yang fokus pada performa. Untuk Camry LE dan XLE, grille dibuat seperti bilah-bilah krom panjang yang saling bertumpuk. Sementara, Camry SE dan XSE bermesin bensin tampil dengan grille sporty dengan air dam yang sangat besar.

Sentuhan warna hitam membuat bagian ini kuat aroma sporty . Lampu utama tetap hadir dengan desain mata elang. Hanya saja lampu utama hadir dalam bentuk LED yang saling berhimpitan. Hal ini belum pernah terlihat di Toyota Camry generasi lainnya. Kedua varian hadir dengan lampu belakang baru. Lampu belakang menjulur hingga pilar D.

Ada sentuhan sirip udara di lampu belakang yang membuatnya terasa unik. Jujur saja bagian belakang terasa sangat kuat karena pemasangan double muffler ganda yang berpadu dengan diffuser . Sayap statis yang ada di bagian belakang membuat mobil ini semakin enak dipandang. Jika luarnya penuh dengan aura sporty, bagaimana dengan bagian dalamnya? Toyota mengklaim mobil ini dibuat lebih rigid ketimbang Camry generasi-generasi terdahulu.

Suspensi mobil juga dilengkapi dengan suspensi double-wishbone terbaru. Selain itu, tingkat peredaman suara juga diperbaiki dengan hadirnya four-pont engine mounting . Nah yang menarik adalah bagian das - bornya. Ucapkan selamat tinggal dengan dasbor Camry lama yang tidak sebanding dengan harganya. Dasbor Camry baru tampil futuristis.

Dasbor hadir dengan desain yang tidak biasa karena mengikuti garis cluster antara jok pengemudi dan jok penumpang di bagian depan. Ukurannya juga besar mencapai 10 inci. Kontrol informasi di bagian pengemudi juga tampil futuristis karena berupa layar LED. Seluruh informasi mobil seperti fitur keamanan, kondisi ban, hingga sonar dapat ditampilkan di layar tersebut.

Sementara, odometer dan spedometer masih setia dengan tipe konvensional. Untuk urusan keamanan, mobil ini dijejalkan dengan sistem keamanan baru Toyota Safety Sense yang bisa mengaktifkan berbagai teknologi keamanan seperti pre-collision system with pedestrian detection (PCS w/PD), full-speed range dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert with steering assist (LDA w/SA); automatic high beams (AHB), blind spot monitor (BSM), dan rear cross traffic alert (RCTA).

Untuk pilihan mesin, Toyota Camry masih menggunakan mesin lama, tapi ada teknologi baru di dalamnya, yakni dynamic force engine . Ada tiga pilihan mesin, yakni 4 silinder 2,5 liter VVT-iE,V6 3,5 liter, dan hybrid . Tidak ada perubahan dari segi tenaga yang dihasilkan, hanya saja dipadukan de ngan transmisi baru 8 percepatan, tingkat konsumsi bahan bakar mobil ini diklaim menjadi lebih baik. Kita tunggu saja apakah mobil ini akan datang ke Indonesia atau tidak?

wahyu sibarani