Edisi 20-03-2017
Dion Wiyoko Bangga Perankan HT


Aktor Dion Wiyoko bangga mendapat kesempatan memerankan sosok Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) dalam film pendek romantis, Melody of Love.

Film pendek karya sutradara Hanung Bramantyo itu adalah film yang menuturkan kisah cinta antara HT dengan istrinya, Liliana Tanoesoedibjo. Film yang diputar saat perayaan ulang tahun Liliana yang ke-50 di Hotel Mulia pada Rabu (15/3) itu menceritakan awal kisah cinta keduanya saat berusia muda hingga kini. Dion mengaku sempat grogi memerankan karakter HT. Terlebih, film pendek ini disaksikan secara langsung HT dan Liliana.

“Takutnya tidak sesuai ekspektasi,” katanya. Dalam film ini, Dion berpasangan dengan Anjani Dina yang memerankan Liliana. Keduanya mengaku melakukan observasi dan mencari referensi agar bisa berperan dengan baik. “Tidak bisa 100% persis, tapi saya bangga memerankan sosok yang punya kredibilitas, pemimpin, dan pengusaha sukses. Terjun ke politik juga. Istilahnya prestasinya sudah banyak dan bebannya lebih besar dan tanggung jawabnya besar juga buat saya memerankannya,” ujar Dion.

Rasa grogi aktor asal Surabaya ini pun hilang setelah HT dan Liliana mengaku puas dengan akting Dion dan Anjani yang dianggap menjiwai perannya. “Dikasih compliment sama Ibu Lili dan Pak HT langsung. Mereka juga dapat respons dari tamu undangan yang senang. Ceritanya katanya light , romantis, dan ada lucunya,” ungkapnya Kekasih Fiona Anthony ini pun mengungkapkan bahwa melihat dan merasakan kisah perjalanan cinta HT dan Liliana memberikan inspirasi untuknya demi menjadi suami yang bertanggung jawab dan menyayangi pasangan hingga akhir hayatnya.

“Kisah Pak HT dan Ibu Liliana memang nggak mudah karena menikah muda. Pas saat itu kondisi Pak HT juga kuliah ke Kanada dan harus pacaran jarak jauh, lalu memutuskan menikah muda dan sampai sekarang di usia Pak HT yang 52 tahun dan Ibu Liliana usia 50 tahun berarti sudah sekian tahun mereka menikah. Jadi ini menginspirasi banyak orang, khususnya pasangan muda,” tuturnya.

Dari kisah film pendek itu, Dion juga mengaku mendapat inspirasi agar semangat mendapatkan kehidupan yang layak demi membahagiakan istri dan keluarga. Sementara itu, Hanung Bramantyo mengaku, dalam menggarap film tersebut, dia hanya memberikan sedikit sentuhan khusus agar adegan menjadi lebih bagus dan menyentuh perasaan penonton, sekaligus membangkitkan kembali kenangan masa muda HT dan Liliana.

“Saya membuat film ini bukan untuk penonton umum, melainkan sebagai kado dari Pak HT untuk Ibu Liliana,” ungkap sutradara peraih kategori sutradara terbaik dalam FFI 2007 lewat film Get Married ini. Lebih lanjut suami aktris Zaskia Adya Mecca ini pun menceritakan, ada satu scene yang merupakan kisah nyata dan sesuai penuturan HT dan Liliana, yaitu saat pertemuan keduanya di lampu merah. Ada pula adegan saat HT menyatakan cintanya kepada Liliana muda di mobil yang mereka kendarai.

Tidak hanya itu, dalam film juga digambarkan janji HT muda kepada Liliana kala menjadikan rumah yang mereka huni sebagai jaminan usaha. Seusai film berakhir, tamu undangan yang hadir langsung memberikan tepuk tangan meriah.

Thomasmanggalla