Edisi 24-03-2017
MNC Dorong Animasi Indonesia Kian Berkembang


MNC Animation, salah satu anak perusahaan MNC Tbk yang fokus dalam pengembangan produk animasi dalam negeri, resmi menyepakati nota kesepahaman bersama Chaos Group, di Jakarta, Rabu (22/3).

Lewat kerja sama ini, Chaos Group siap menyukseskan animation development program (ADP) yang diselenggarakan oleh MNC Animation terkait pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di industri animasi Indonesia. Chaos Group Terrritory Channel Manager Anna Radulova mengatakan, Chaos Group akan mendukung dalam penyediaan aplikasi atau perangkat unggulan, yaitu V-Ray. V-Ray adalah sebuah perangkat lunak grafis tiga dimensi (3D) untuk lighting dan rendering yang sering digunakan di dalam industri media, perfilman, hiburan, desain, arsitektur, dan animasi saat ini.

Targetnya V-Ray bisa digunakan oleh seluruh peserta program ADP. Teknologi V-Ray sudah umum digunakan dalam industri perfilman. Ada lebih dari 150 film yang didukung dengan teknologi ini, di antaranya Avatar, Transformers, Maleficient, Iron Man, Doctor Strange, Captain America: Civil War, Deadpool, dan Game of Thrones . “Vladimir Koylazov, CTO Chaos Group, juga telah menerima penghargaan di acara Oscar Academy Award 2017 oleh Komite Scientific & Technical Awards yang mengakui peran V-Ray dalam membawa CGI realistis untuk layar lebar,” ujar Anna.

Dia menuturkan bahwa Chaos Group merupakan perusahaan teknologi perangkat lunak grafis 3D ternama yang berbasis di Sofia, Bulgaria. Kantor lainnya di Los Angeles, Baltimore, Seoul, dan Tokyo. Didirikan pada 1997 oleh Peter Mitev dan Vladimir Koylazov, salah satu produk ternamanya di industri grafis adalah V-Ray. CCO MNC Animation Seung Hyun Oh mengatakan, ADP yang digelar MNC Animation saat ini sudah memasuki gelombang kedua. MNC Animation dan Chaos Group juga bertekad melakukan aktivitas lainnya yang dapat mendukung kemajuan animasi di Indonesia.

“ADP gelombang kedua menyediakan tempat untuk 80 kandidat. Melalui program ini, MNC Animation ikut dalam upaya konkret mendorong pertumbuhan industri animasi di Indonesia,” sebutnya. “Sampai saat ini jumlah animator yang mumpuni di Indonesia masih terbatas dan belum bisa memenuhi permintaan industri,” tandas Seung. Atas dasar itulah, MNC Animation membuka ADP gelombang kedua yang akan berlangsung mulai April 2017. Melalui program ini, para kandidat dilatih dan dinilai selama 3 bulan. Kandidat yang lolos akan langsung dapat bekerja di MNC Animation.

Seung menuturkan, selama program ADP ini, seluruh kandidat akan dibekali materi yang nantinya dapat diaplikasikan dan berguna dalam dunia kerja animasi. Materi tersebut berupa kemampuan untuk writing, modelling, layout, animation, design, illustrator, dan post production . “Para kandidat juga akan diberikan gaji selama tiga bulan saat mengikuti pelatihan program tersebut dan diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh MNC Animation,” paparnya. Sebelumnya, ADP gelombang pertama berlangsung Oktober-Desember 2016 dengan menghasilkan 52 kandidat yang lulus menjadi karyawan di MNC Animation.

“Untuk selanjutnya, program ADP ini akan dilaksanakan pada April dan Juli 2017. Program ini akan terus berlangsung pada tahun-tahun mendatang,” kata Seung. MNC Animation sejauh ini telah menghasilkan beberapa serial animasi seperti “Entong” season 1 & 2 dan “KIKO” pramusim. Saat ini mereka juga sedang mengerjakan proses produksi “KIKO” season 1 & 2 yang ditayangkan di RCTI setiap Minggu pagi pukul 09.00, serta dalam proses produksi “Zak Storm” dengan Global Partners, yang akan diluncurkan secara global pada akhir 2017.

Selain “KIKO” dan “Zak Storm”, MNC Animation juga dalam proses pengembangan IP-IP baru yakni “Titus”, “BIMA-Animation series”, dan “GIANT 8”.

Iman Firmansyah