Edisi 20-02-2017
Menjelajah Peluang Studi di Luar Negeri


PAMERAN pendidikan Eduexpos akan dihelat pada 23 Februari 2017.

Acara ini bertujuan membantu para siswa Indonesia dalam memilih universitas yang tepat untuk melanjutkan studi di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Turki, Italia, Spanyol, Belanda, Rusia, Iran, Siprus, Malaysia, China, Indonesia, dan Korea Selatan. Pameran yang bertempat di InterContinental Midplaza Hotel, Jakarta, ini akan berlangsung dari pukul 16.00-18.00 WIB.

Para siswa dan orang tua berkesempatan untuk bertemu langsung dengan perwakilan penerimaan mahasiswa dari tiap-tiap universitas serta mendaftarkan diri untuk program sarjana, pascasarjana, dan doktor. Eduexpos menghadirkan berbagai program studi menarik di seluruh dunia, baik dari universitas-universitas di Amerika Serikat, Inggris, hingga Eropa. Program-program ini memiliki tujuan dan preferensi biaya studi yang berbedabeda serta beberapa di antaranya menawarkan biaya studi lebih rendah. Universitas-universitas tersebut pun tidak kalah bagus kualitasnya.

Contohnya, T ehran University of Medical Sciencesdari Iran. Pusat pelatihan medis modern pertama di Iran yang dibangun pada 1851 terletak di universitas ini, yang juga merupakan bagian dari Institute of Higher Education (Dar-ol-Fonoon).School of Medicine didirikan sebagai bagian dari University of Tehran pada 1934. Contoh lainnya The Asia Pacific Universityof Technology & Innovation (APU),yang merupakan salah satu universitas swasta pertama di Malaysia dengan perpaduan unik antara kreativitas, inovasi, dan teknologi.

Salah satu yang menarik dari acara ini adalah partisipasi langsung dari Pemerintah Turki dengan menghadirkan 12 universitas terbaik di Turki yang tentunya membawa peluang studi unik bagi para siswa Indonesia. Selain itu, NUFFIC yang mewakili Pemerintah Belanda dan Rotterdam Business School juga akan hadir dalam pameran tersebut. Pameran ini turut menghadirkan kesempatan bagi siswa untuk menempuh program studi dalam bidang medis, teknik, bisnis, dan ratusan program lainnya.

“Pameran ini menawarkan kesempatan yang baik bagi siswa-siswa Indonesia dan keluarganya untuk dapat bertemu langsung dengan representatif dari pihak universitas, sekolah bahasa, institusi pemerintahan dan institusi internasional lainnya,” kata Julio Ronchetti, Presiden FPPEDU Media, selaku penyelenggara. Selain kesempatan bertemu representatif dari berbagai universitas, akan ada pula serangkaian seminar untuk para siswa. Study in Turkey akan mengadakan seminar pada pukul 16.30-17.00 mengenai pendidikan di Turki serta alasan mengapa harus memilih program studi tersebut.

Setelah itu, Yonsei University juga akan mengadakan seminar pada pukul 17.10-17.40 yang mengangkat tema Explore Asia’s Premier Liberal Arts Education. Institut Prancis di Indonesia atau IFI dan Kedutaan Besar Prancis akan menyelenggarakan seminar bertajuk Study in France and Its Opportunities pada pukul 17.50-18.20 yang akan memberi gambaran mengenai keunggulan melanjutkan studi di Prancis.

Bagi para pengunjung yang tertarik untuk melanjutkan studi di Belanda, dapat mengikuti seminar bertajuk Study in Holland-Open to International Minds yang diadakan Nuffic Neso Indonesia dari pukul 18.30-19.00.

Wuri