Edisi 11-01-2017
Reklamasi Atasi Permasalah Lahan


Reklamasi di Jakarta, diklaim merupakan salah satu solusi yang akan membantu dalam mengatasi permasalahan Jakarta. Tak hanya untuk melakukan restorasi Teluk Jakarta, penambahan luas kota juga bisa meningkatkan daya tampung dan daya dukung lingkungan ke depan.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian PUPR Firdaus Ali, mengatakan, dengan reklamasi 17 pulau, paling tidak akan menambah 5.200 hektar lahan ibukota. Reklamasi juga akan merevitalisasi wilayah utara Jakarta yang secara kualitas relatif lebih rendah dibandingkan wilayah lainnya di Jakarta.

Menurut Firdaus Ali, meningkatnya kualitas wilayah di bagian utara Ibukota berpotensi untuk meredistribusi sebaran penduduk Jakarta dari daerah-daerah resapan air, seperti di selatan Jakarta, ke wilayah yang kepadatan penduduknya relatif lebih rendah, dalam hal ini di wilayah utara Jakarta ‘’Hal-hal yang berpotensi memberikan dampak buruk terhadap lingkungan akibat reklamasi seharusnya dapat ditangani dan diantisipasi.

Kemampuan manusia memahami alam semakin meningkat. Perkembangan teknologi semakin mampu mewujudkan reklamasi yang ramah lingkungan," ujar Firdaus. Menurut Firdaus, Jakarta sedang menghadapi berbagai permasalahan serius terkait daya tampung dan daya dukung (carrying capacity) lingkungan yang terus menurun tajam akibat beban populasi yang semakin tinggi.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk DKI Jakarta tahun 2016 adalah 10.248.000 jiwa. "Dengan luas daratan hanya sekitar 662 kilometer persegi, ibukota sudah relatif padat," kata Firdaus. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri berharap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) DKI Jakarta tentang Zonasi Wilayah Pesisir dilanjutkan.

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, menyatakan langkah itu antara lain dengan memasukkan kembali dua Raperda terkait reklamasi untuk dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada 2017 ini. Kedua aturan yang diharapkan bisa dibahas tersebut adalah Raperda tentang Zonasi Wilayah Pesisir serta Pulau-Pulau Kecil.

(anton c)