Edisi 11-01-2017
Tampil Natural lewat Dek Kayu


Kayu adalah material alam yang banyak digunakan untuk elemenelemen pada bangunan, baik sebagai struktur maupun estetika. Namun, bagaimana jadinya jika kayu dijadikan dek yang bisa mempercantik bagian luar rumah?

Kekuatan dan keindahan kayu memang selalu banyak diminati, terutama sering untuk diaplikasikan sebagai lantai, dinding, bahkan atap. Biasanya, kayu yang dijadikan sebagai lantai harus memiliki ketahanan khusus. Seperti, jenis kayunya, bahan anti rayapnya, sampai cara pemasangan yang tidak boleh asal-asalan.

“Kayu yang digunakan untuk lantai perlu ketahanan yang cukup kuat karena harus menahan kekuatan furnitur yang ada, serta berbagai mobilitas kegiatan di rumah. Kalau untuk di outdoor harus yang bisa tahan terhadap cuaca,” sebut arsitek Handi Priandono. Dek biasanya dibangun di area outdoor dengan permukaan yang rata.

Biasanya dibuat lebih tinggi dari muka tanah asli dan biasanya terhubung dengan bangunan. “Kayu merupakan material yang umum dan banyak digunakan untuk decking . Material kayu merupakan alternatif material setelah batu. Itu karena unsur naturalnya yang sangat kuat dan untuk bagian luar baiknya menggunakan kayu yang berasal dari hutan tropis,” kata Handi.

Karena langsung bersentuhan dengan terpaan sinar matahari dan pergantian cuaca, sebaiknya Anda memilih menggunakan jenis kayu yang keras, memiliki daya abrasi tinggi, tahan asam, mudah dipaku, dan cukup kuat. “Yang bisa digunakan untuk decking, yaitu jenis kayu bangkirai, tapi jenis kayu ulin dan damar laut juga bisa dijadikan pilihan,” sebut Hadi.

Anda juga bisa menggunakan material alternatif untuk mengantisipasi penggunaan kayu supaya tidak terlalu berlebihan. Misalnya menggunakan material komposit, vinyl , dan aluminium. Nah, bahan-bahan tersebut juga memiliki bentuk dan tekstur yang menyerupai kayu sehingga tidak menghilangkan kesan naturalnya.

Decking bisa dibuat di berbagai tempat di eksterior rumah. Mulai dari teras, halaman belakang, hingga di tepi kolam renang. “Decking di tengah taman juga bisa menggantikan fungsi dari gazebo .

aprilia s andyna