Edisi 12-01-2017
Raih 5 Nominasi Festival Film di London


Film Tears of Ghost karya sutradara muda Natasha Dematra, 18, kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah perfilman internasional.

Pasalnya, karyanya yang berjudul Tears of Ghost meraih lima nominasi dalam ajang International Filmmaker Festival of World Cinema di London. Berikut 5 nominasi yang diperoleh film Tears of Ghost : Film Panjang Terbaik untuk Natasha Dematra, Sutradara Terbaik untuk Film Berdurasi Panjang untuk Natasha Dematra, Aktris Pembantu Terbaik untuk Film Berdurasi Panjang untuk Pagitha Ross, Skenario Terbaik untuk Film Panjang untuk Damien Dematra, Penata Kostum Terbaik untuk Natasha Senduk dan Natalia Senduk.

Natasha mengatakan masuk menjadi nominasi dalam sebuah ajang festival film adalah bentuk dari cara mengukur kemampuannya dan berharap nominasi ini menunjukkan film Indonesia dapat bersaing dengan film-film luar. “Saya harap dengan adanya lima nominasi ini bisa menjadi batu loncatan agar film-film saya ke depannya bisa lebih bagus lagi,

dan saya harap kualitas film Indonesia dengan adanya ini menunjukkan kita itu bagus dan bisa bersaing dengan film-film luar,” ujarnya saat ditemui di acara syukuran atas nominasi yang ia dapat di Jakarta Utara, Jumat (6/1). Dalam acara festival ini, film Tears of Ghost akan diputar bersama film-film nominasi lainnya, dan akan dihadiri para sineas, distributor, buyer , dan produser terkenal dari seluruh dunia.

Natasha Dematra menuturkan bahwa kemungkinan besar ia akan meminta perwakilan Indonesia di London datang untuk mewakilinya dalam acara tersebut. Natasha merupakan sutradara termuda yang mendapat nominasi film terbaik dan merupakan satu-satunya sutradara perempuan yang masuk daftar nominasi sutradara terbaik pada tahun ini.

Dalam tur festival film di Eropa dan Amerika, film Tears of Ghost telah meraih penghargaan tertinggi juara 1 Grand Jury Prize, Van Gogh Award di Amsterdam International Film Festival pada Juni lalu.

(mg-2/mg-3)