Edisi 12-01-2017
Seperti Siri Berjalan


Toyota meluncurkan mobil konsep yang unik di ajang Consumer Electronics Show (CES ) 2017 baru-baru ini. Mobil ini dilengkapi dengan sebuah kecerdasan artifisial yang diberi nama Yui.

Kecerdasan artifisial ini bisa berbicara dan berkomunikasi dengan pengemudi. Sedikit mirip dengan fitur Siri yang ada di telepon seluler cerdas, iPhone. Layaknya Siri, Yui bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi. Bahkan, dia bisa memberikan saran kepada pengemudi agar dapat membawa mobil lebih nyaman.

Misalnya memberikan saran agar lampu ruangan mobil bisa sedikit dinyalakan agar pengemudi bisa lebih nyaman. Pada dasarnya, fitur AI ini berfungsi untuk memonitor keadaan pengemudi melalui sensor. Jadi, seberapa fokus pengguna saat mengemudi dapat terkontrol melalui fitur tersebut.

Sementara itu, di bagian interior, Toyota melapisnya dengan warna serbaputih serta bagian setir yang mirip kemudi pilot. Ada pula layar tersembunyi di panel putih, yang akan muncul bila diperlukan. Informasi yang dimunculkan juga tergantung situasi. Mobil konsep ini dirancang oleh Toyota CALTY Design Research serta teknologi user experience development Toyota Innovation Hub yang terletak di San Francisco.

Sebagaimana mobil konsep, setelah CES 2017 sepertinya Toyota akan memperluas jangkauan Concept-i. Mobil ini sepertinya akan dibawa ke ajang-ajang automotif berskala internasional lainnya.

wahyu sibarani