Edisi 20-02-2017
Ajang Kumpul Pencinta Kelinci


ANGGAPAN kelinci sebagai hewan berumur pendek saat ini masih sangat melekat di benak masyarakat.

Setelah genap satu tahun konsisten mengedukasi dan meluruskan kekeliruan tersebut, Teman Kelinci, sebuah organisasi nonprofit yang gencar memberikan informasi mengenai cara merawat kelinci, menggelar gathering pada Sabtu (18/2). Ajang kumpul para hobbyist ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pet Vaganza yang digelar selama sembilan hari di Baywalk Mall, Pluit, Jakarta.

“Lebih dari sekadar mengedukasi, Teman Kelinci hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pengetahuan bagaimana merawat kelinci dengan baik dan benar. Jika dirawat dengan baik dan pemberian makanan yang tepat, kelinci juga dapat berumur panjang hingga usia lebih dari 10 tahun layaknya hewan peliharaan lain, seperti kucing atau anjing,” papar Ketua Komunitas Teman Kelinci Lisa Juliana.

Menurutnya, selain merayakan ulang tahun Teman Kelinci yang pertama, acara ini juga banyak menggelar berbagai aktivitas yang bisa menambah wawasan masyarakat, baik yang memiliki ataupun berencana memiliki kelinci. Berbagai rangkaian kegiatan diadakan seharian penuh dalam acara ini, di antaranya Rabbit Speciality Show untuk kelinci jenis Jersey Wooly oleh Indonesian Rabbit Society dan fun games yang terdiri dari kompetisi Bunny Soulmate dan Bunny Fashion Show .

Kedua games tersebut dinilai Ketua Komunitas Teman Kelinci dan Ari Wardhana dari ARBA (American Rabbit Breeder Association). “Melalui fun games , kami ingin menyampaikan pesan kepada peserta dan pengunjung bahwa bonding yang baik antara pemilik dan peliharaan mereka sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan serta kesehatan hewan peliharaan. Pada Bunny Soulmate Game , kita bisa melihat apakah pemilik benarbenar mengenali kelincinya walau dalam keadaan mata tertutup. Sementara untuk Fashion Show Game , kita bisa melihat dan menilai kekompakan kelinci dan pemiliknya dalam berbusana dengan tema Valentine, “ ujar Lisa.

Melengkapi acara agar lebih menarik, Teman kelinci juga menyiapkan berbagai door prizes dan quizes dengan hadiah seru. Dalam event tersebut, tersedia juga pos Simple Grooming oleh Indonesian Rabbit Society untuk membantu para pengunjung yang ingin membuat penampilan kelincinya semakin bersih dan menarik. Teman Kelinci merupakan komunitas pencinta kelinci yang pertama kali terbentuk pada 21 Maret 2016 dan saat ini telah menjadi wadah bagi para pemilik dan pencinta hewan peliharaan kelinci di Indonesia.

“Selain berbagi pengalaman dan bertukar cerita, Teman Kelinci juga bertujuan memperbaiki kesalahan informasi dan persepsi masyarakat Indonesia terhadap perawatan kelinci,” ungkap Lisa.

Iman firmansyah