Edisi 29-03-2017
Andmesh Kamaleng Kalahkan Fauziyah Khalida


ANDMESH Kamaleng sukses menyabet gelar juara pertama Rising Star Indonesia Season 2. Penampilan ciamik dengan menghadirkan lengkingan dan karakter suara ketika membawakan lagu Making Out of Nothing at All milik Air Supply yang dia nyanyikan membuatnya mengungguli perolehan vote suara Fauziyah Khalida.

Penyanyi 19 tahun ini sebenarnya hanya membutuhkan 63% suara untuk bisa melampaui pencapaian Fauziyah yang sebelumnya mengantungi 114% suara. Modal 78% yang dia dapatkan dari penampilan pertamanya di babak Dua Besar ini cukup membuat posisinya cukup kuat. Namun, ternyata Andmesh sukses meraih 80% suara di penampilan keduanya. Ini membuat kontestan asal Kupang tersebut berhasil meraih total suara 158%.

Andmesh pun sangat berterima kasih atas semua fans-nya Andmeshia, keluarga, dan para expert yang tak pernah putus memberikan dukungannya. Kesuksesan pria bertubuh tegap dan besar serta berkulit legam ini memang sudah banyak diprediksi expert dan penonton RSI. Itu karena dia satusatunya finalis dari Indonesia Timur yang mempunyai karakter vokal sangat khas dan kuat sekali.

Selain itu, dia mampu improvisasi dan punya paket lengkap sebagai penyanyi. “Puji Tuhan, terima kasih Tuhan Yesus, kedua orang tua dan semua fans saya yang telah mendukung saya. Terima kasih para expert. Terima kasih semua dan saya gak menyangka bisa menjadi juara melihat grand finalis lain juga punya karakter dan penampilan, serta fans-nya luar biasa,” ujar Andmesh Kamaleng kepada KORAN SINDO seusai dinobatkan sebagai juara satu RSI di MNC Studio, Jakarta, Selasa (28/3) dini hari.

Ke depan, pria kelahiran Alor, 15 April 1997, ini pun mengaku semakin mantap dan percaya diri untuk terjun di industri musik Tanah Air dengan terus berlatih dan mengasah kemampuan vokalnya. “Pastinya akan terus mengasah kemampuan vokal sebagai penyanyi karena ditekankan oleh seluruh expert (juri) untuk menjaga kualitas serta persiapan mental, tapi yang pasti membuat dan mengulik lagu lebih baik agar bisa survive bersaing dengan industri musik dan saya bisa terus dicintai masyarakat dan bisa rendah hati terus,” ucapnya.

Sebagai juara pertama, Andmesh mendapatkan hadiah Rp125 juta dan mobil mewah serta asuransi dari MNC Life sebesar Rp1 miliar. Adapun Fauziyah meraih uang tunai senilai Rp75 juta dan asuransi dari MNC Life sebesar Rp500 juta. Penampilan putra pasangan Yeska dan Erna Kamaleng dalam ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia dari minggu ke minggu ini mampu membuat pendengar dan expert jatuh cinta.

Bahkan, pria asal Alor, Kupang ini kerap disebut sebagai penerus mendiang Mike Mohede. Selain karena suaranya, Andmesh juga punya fisik tambun mirip dengan bintang Indonesian Idol itu. “Banyak yang bilang penerus Mike, makanya saya bersyukur saja dan diterima dan kebetulan saya juga fans dia, apalagi fisik juga sama.

Mungkin karena itu orang banyak bilang penerus,” kata Andmesh. Meski demikian, Andmesh selalu tampil di Rising Star Indonesia dengan karakternya sendiri. Dia tidak ingin terbebani pujian orang. “Andmesh berusaha jadi diri sendiri. Semoga bisa selalu tampil baik di panggung,” ucapnya. Salah satu expert, Anang Hermansyah, juga menyambut Andmesh yang akan terjun ke industri musik Indonesia.

Dengan segala kemampuan dan karakter suara yang dimiliki juara Rising Star Indonesia 2 ini, Anang menilai Andmesh bakal mewarnai industri musik Indonesia. “Di tengah industri musik Indonesia yang naik, semoga dengan kehadiran Anda membuat industri musik semakin maju karena dia punya konstansitas perjalanan menarik dan kualitas bagus meski ketiga grand finalis lain juga bagus,” kata Anang.

“Lewat ajang ini, dengan banyaknya talenta penyanyi yang hadir mewarnai industri musik, aku berharap pemerintah segera memperbaiki industri musik ini dengan baik dan berharap perbaikan undang-undang baru No28 mengenai hak cipta dan perbaikan unsur musik ditingkatkan,” sambungnya. Expert lain, Judika, menilai empat besar ini memang pantas masuk babak grand final.

Namun, yang ingin dilihat orang Indonesia, siapa yang bisa tampil bagus terus sampai akhir dan para expert menilai berdasarkan penampilan saat ini. Andmesh paling pas dan tepat menjadi pemenang karena dia stabil dan belajar banyak, serta menjadi penampil yang tidak egois di atas panggung “Sekarang dengan kemampuan yang dimiliki, dia sudah profesional dan sudah tahu mengenakkan lagu.

Suatu kompetisi memang ada yang menang dan kalah, tapi juara gak menjadi jaminan karier mereka ke depan berhasil atau tidak. Tapi yang mereka lakukan setelah ini, mereka mau bekerja keras dan mau berkembang atau tidak, karena saingan penyanyi muda baru lain banyak, bukan saja dari Rising Star ini,” kata suami Duma Riris Silalahi ini.

Expert lain, Rossa, mengatakan semua finalis RSI akan mengetahui bahwa industri musik itu tidak semudah atau semanis yang mereka pikirkan. Itu karena menyanyi adalah pekerjaan, bukan sekadar hobi sehingga harus dilakukan dengan profesional Sebagai penyanyi profesional, mereka akan belajar bagaimana memiliki hubungan dengan banyak orang atau bagaimana menghadapi wartawan dan fans.

thomasmanggalla