Edisi 20-03-2017
Akibat Kurang Tidur


TIDUR malam pada dasarnya bukan hanya mengistirahatkan tubuh semata. Lebih dari itu, tidur memainkan peranan penting dalam menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit.

“Tidur adalah salah satu upaya menjaga kesehatan,” kata Dr Wayne Scott Andersen MD, Direktur Take Shape for Life. Konsekuensi mengorbankan waktu tidur dapat berpengaruh pada kehidupan, kelelahan berhubungan dengan regulasi nafsu makan, penyakit jantung, dan 50% meningkatkan risiko infeksi. “Jadi kalau Anda lelah dan mengalami gejala tersebut, mungkin Anda kelelahan dan saatnya mendapatkan waktu tidur yang cukup segera,” kata Watson.

Berikut adalah ciri tubuh kelelahan, di antaranya bibir kering. Bibir pecah-pecah menandakan kulit bersisik dan Anda menderita sakit kepala yang sering, dehidrasi. Ini bisa jadi tanda kelelahan. “Anda merasa lebih lelah dan dehidrasi daripada biasanya,” kata Michael J Breus PhD, pakar gangguan tidur. Bukan hanya itu, Anda juga akan sulit menerima infomasi karena otak bergantung pada tidur untuk memproses kembali pengalaman Anda sepanjang hari. Air memengaruhi banyak sistem dalam tubuh yang membuat tubuh sulit mendapat energi jika tidak cukup minum.

“Orang sering lupa untuk terus terhidrasi, padahal ini penting. Pastikan urine Anda jernih yang menandakan tubuh terhidrasi,” papar Breus. Otak memerlukan tidur seperti halnya mobil perlu bensin. Tubuh menggunakan tidur untuk menstabilisasi zat kimia yang tidak seimbang, juga untuk menyegarkan kembali area otak yang mengontrol mood dan perilaku, serta memproses memori dan informasi yang Anda dapatkan sepanjang hari. Tubuh yang lelah tentu memengaruhi kehidupan, termasuk merusak waktu olahraga.

“Olahraga membutuhkan mental yang fokus dan aktivitas fisik. “Kalau otak tidak fokus, bisa berarti kurang istirahat. Performa Anda menjadi berkurang dan ini adalah konsekuensi dari tidur yang kurang,” kata dr Andersen. Lebih jauh, satu malam kurang tidur saja bisa menyebabkan berminggu-minggu Anda tidak berolahraga dan mengonsumsi makanan tidak sehat.

(sri noviarni)