Edisi 21-04-2017
Generasi Sehat dengan Susu


TUMBUH kembang anak yang sempurna adalah investasi terbesar para orang tua. Demi mewujudkan hal itu, orang tua wajib memastikan asupan terbaik bagi sang buah hati.

Salah satunya dengan memberikan susu. Mengonsumsi susu sejak kecil bakal menjadi rutinitas berharga sehingga turut membangun generasi bangsa yang lebih baik. Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan kampanye bertajuk “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!” yang bertujuan menyosialisasikan kebaikan susu dan mengajak keluarga Indonesia untuk minum susu secara rutin. Melalui kampanye ini, diharapkan semakin banyak keluarga yang menyadari manfaat susu bagi kesehatan dan mulai menerapkan kebiasaan sehat minum susu minimal satu gelas sehari.

Ahli gizi dan Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) Prof Dr Hardinsyah MS mengatakan susu merupakan salah satu pangan sumber gizi, baik gizi makro maupun gizi mikro, atau vitamin-mineral. “Susu menyediakan zat gizi yang bermanfaat dalam setiap tahap perkembangan manusia setelah tahap pemberian ASI eksklusif. Konsumsi susu dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan, khususnya pada anak setelah pemberian ASI eksklusif.

Sayangnya, konsumsi susu masyarakat kita masih rendah dibandingkan negaranegara lain; hanya 12 liter per orang per tahun atau tiga sendok makan sehari (Nielsen RUU Data (non-projected ) 2014).” Menurut Prof Dr Hardinsyah MS, segelas susu yang difortifikasi dapat memenuhi sampai 20% kebutuhan gizi harian anak dan dewasa dan menyumbang 180 kkal energi. Tentunya ini akan bermanfaat dalam menunjang aktivitas sehari-hari setiap anggota keluarga.

“Masyarakat umumnya beranggapan bahwa susu hanya untuk anak. Padahal, orang remaja dan dewasa juga memerlukannya. Bagi remaja dan dewasa, minum susu secara rutin bermanfaat bagi kekuatan tulang dan kesehatan karena susu menyediakan sebagian kebutuhan gizi harian, seperti kalsium dan vitamin D yang penting bagi kekuatan tulang dan hidup aktif sebagai tabungan masa tua. Untuk itu, keluarga Indonesia perlu memulai kebiasaan minum susu, terutama yang diperkaya gizi, mulai dari sekarang.” Susu merupakan salah satu gizi terbaik yang dihasilkan oleh alam karena memiliki kandungan vitamin, protein, lemak, kalsium, serta sumber gizi penting lain yang membantu kinerja kognitif dan mendorong pertumbuhan anak yang optimal.

Psikolog Roslina Verauli MPsi memandang bahwa minum susu segelas sehari merupakan sebuah kebiasaan yang baik. “Kumpul keluarga merupakan media terbaik untuk membentuk emosi positif dan membantu anggota keluarga membentuk perilaku sehat, salah satunya adalah kebiasaan minum susu. Ada berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan keluarga untuk menambah keakraban, yakni milk toast ,” paparnya saat menjadi pembicara di acara peluncuran kampanye bertajuk “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang” oleh Frisian Flag Indonesia.

Hadir juga sebagai pembicara ahli gizi dan Ketua Umum Pergizi Pangan Prof Dr Hardinsyah MS, dan Head of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia Tanti di Jakarta, beberapa waktu lalu. Tanti menyebutkan kampanye Frisian Flag tersebut diharapkan dapat mendorong keluarga Indonesia untuk lebih bersemangat memulai kebiasaan minum susu, minimal satu gelas sehari. “Ini sejalan dengan nilai yang dianut oleh brand kami yang tahun ini genap 95 tahun berada di Indonesia, yaitu building strong families ,” ujarnya.

Sali