Edisi 20-02-2017
Aktualisasi Diri Siswa Stella Maris


UNTUKmengasah bakat anak didiknya, Sekolah Stella Maris menggelar pentas seni. Gelaran seni ini rutin dilakukan setiap tahun oleh sekolah yang berlokasi di Jalan Artha Kencana Kav C 1 No 1, Kencana Loka, Sektor XII, BSD Tangerang Selatan, ini.

Tahun ini pentas seni mengambil judul “Dewi Sri-Sang Dewi Kemakmuran”.Acara digelar pada 11 Februari 2017 di Gedung Grand Chapel, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang. Pergelaran seni ini melibatkan para siswa Stella Maris mulai jenjang TK, SD, SMP, sampai SMA. Karena itu, sudah sepantasnya pergelaran seni ini dijadikan ajang aktualisasi dan apresiasi diri karena seluruh siswa mampu berkolaborasi di panggung untuk menampilkan sebuah kontes teatrikal yang spektakuler secara bersama-sama.

Tentunya ada beberapa hal yang mereka terapkan dalam diri mereka pribadi, yaitu mengenai tanggung jawab, semangat juang, rasa saling menghargai, disiplin, dan percaya diri untuk menjadikan pagelaran seni sebagai sebuah pertunjukan yang patut mendapatkan apresiasi dari 800 penonton yang hadir. Selain itu, dalam setiap tema yang diusung setiap tahunnya dalam pergelaran seni, selalu penuh nilai moral bagi semua penonton dan secara khusus bertujuan membentuk karakter siswa.

Momen ini diharapkan menjadi bahan refleksi bagi guru dan orang tua, masihkah akan mempertahankan anggapan bahwa takaran prestasi hanya sebatas angka yang sempurna, meraih ranking dan juara? Tentunya tidak adil bagi anak yang tidak mempunyai peringkat di kelas dan tidak mendapatkan juara dalam lomba.

Sebab, dalam hidup sebenarnya bukanlah piala atau peringkat yang menjadi penentu kemapanan, melainkan kemampuan seorang anak untuk tumbuh menjadi individu yang berguna. Inilah yang menjadi hakiki keberhasilan sebuah proses pendidikan.

Iman