Edisi 21-01-2017
Tanda Anda Membiarkan Karier Mandek


ANDAmerasa begitu berat meninggalkan tempat tidur? Atau jari tangan hanya sibuk bermain gawai, padahal pekerjaan sudah menumpuk? Waspada, jangan-jangan Anda membiarkan diri sendiri terlihat tidak punya kemampuan bekerja.

Ada banyak hal yang menyebabkan karier seseorang mandek atau malah terperosok. Ada yang bersifat eksternal atau di luar kuasa Anda, ada pula yang bersifat internal atau akibat ulah Anda sendiri. Nah, berikut adalah hal-hal yang menandakan Anda membiarkan karier Anda sendiri gagal atau mandek menurut The Muse .

Membiarkan waktu berlalu

Anda merasa waktu berjalan sangat cepat. Ini bukan karena Anda asyik dalam pekerjaan, melainkan setiap hari hanya berlalu begitu saja. Akhirnya, Anda tidak bisa mengingat betul prestasi kerja apa yang sudah ditorehkan setiap harinya. Tiba-tiba saja musim liburan telah tiba, lalu tahun pun berganti. Anda pun mulai merencanakan banyak hal.

Seperti ingin mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai impian atau meningkatkan keterampilan diri. Apa yang harus dilakukan? Pertama, berhenti menggunakan kata “ingin”, tapi “akan”. Ini akan memacu Anda lebih aktif melakukan sesuatu. Langkah selanjutnya membuat rencana jangka pendek.

Memang sulit untuk membuat perubahan besar, seperti menemukan pekerjaan baru. Anda pun mungkin tidak tahu persis dari mana untuk memulai. Untuk mempermudah, fokus pada masa depan jangka pendek. Misalkan, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan baru, tetapkan tujuan bulan ini untuk memperbarui resume Anda.

Setelah itu, Anda bisa menyelesaikan hal lain, seperti mengontak beberapa orang di jaringan untuk memberitahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru. Jika Anda ingin dipromosikan, buatlah tujuan dengan menetapkan jadwal duduk bersama dengan atasan bulan ini untuk membicarakan apa yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan hal ini.

Anda juga bisa menetapkan tujuan untuk mengidentifikasi proyek tambahan yang akan membuat Anda “bersinar”. Jaga “mata” Anda pada hal-hal yang kecil, seperti kegiatan sederhana yang akan membuat Anda tetap bergerak maju. Berikan diri Anda tenggat waktu agar Anda tetap termotivasi. Langkah-langkah kecil ini akan bertambah hingga perubahan besar akan cepat terjadi tanpa disadari.

Menunda menggerakkan karier

Jika Anda cenderung menunda membuat keputusan besar, jangan heran jika tidak ada perubahan berarti dalam karier Anda. Jadi, cobalah untuk berpikir lagi tentang karier atau pekerjaan yang Anda inginkan. Pada saat Anda berpikir tentang mengubah sesuatu dalam karier, duduk sejenak dan berpikir kemungkinan positif apa yang akan membawa perubahan pada diri Anda.

Misalkan, uang, perjalanan kerja yang lebih baik, pekerjaan yang lebih, atau bos yang akan Anda sukai. Anda harus berpikir secara konkret hal-hal postif yang akan Anda terima. Awalnya Anda bisa membayangkan berada di masa depan dalam kondisi bahagia dan senang.

Tetapi, jangan berhenti di situ. Tulislah semuanya secara detail. Anda akan menemukan diri Anda jauh lebih termotivasi dan semakin minim kemungkinan bagi Anda untuk menundanunda jika semua catatan itu mudah dilihat setiap hari.

Tidak tahu langkah selanjutnya

Ketika orang bertanya tentang karier Anda, Anda cenderung membuat jawaban tidak jelas atau mengubah topik. Ini memperlihatkan jika sebenarnya Anda tidak tahu apa yang ingin Anda lakukan, bahkan apa yang membuat Anda bahagia. Apa yang harus dilakukan? Segera cari bantuan untuk belajar mencari tahu halhal tersebut.

Hal ini memang tidak pernah diajarkan di sekolah sehingga tidak heran Anda dan banyak orang lainnya tidak tahu cara melakukannya. Ada satu juta buku, program, pelatih, dan ide-ide di luar sana untuk membantu memulai menemukan gairah atau passion.

Gunakan apa yang Anda miliki di depan mata, seperti kekuatan Google dan situs positif lainnya untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan. Anda juga bisa membaca beberapa referensi buku yang mudah ditemukan.

susi susanti