Edisi 20-03-2017
Kerja Sama Dukung Pendidikan Indonesia


PHILIPSLighting Indonesia bersama UNICEF bersama-sama mengukuhkan komitmen dan dukungannya untuk pendidikan di Indonesia.

Melalui kampanye #TerangiMasaDepan, Philips menyisihkan Rp2.000 dari setiap penjualan paket khusus bohlam LED “Beli 3 Gratis 1” berlogo UNICEF mulai Agustus 2016 hingga Januari 2017. Dana yang disisihkan ini digunakan untuk membiayai program UNICEF dalam membantu anak-anak usia sekolah yang sempat putus sekolah. Menurut data pemerintah terbaru (Susenas, 2014), lebih dari 4,7 juta anak usia antara 7 dan 18 tahun tidak bersekolah, dalam banyak kasus karena alasan ekonomi.

“Akses terhadap pendidikan dapat mengubah kehidupan masyarakat. Kampanye ini mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam membantu 3.000 anak di seluruh Indonesia untuk menyelesaikan pendidikan mereka, dengan tetap mendapatkan manfaat pembelian bohlam Philips LED,” ungkap Presiden Direktur PT Philips Indonesia Chandra Vaidyanathan dalam Konferensi Pers Philips “Dukung Anak Kembali Bersekolah untuk Masa Depan yang Lebih Cerah” di Hotel JS Luwansa, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya senang dapat mengumumkan bahwa Philips telah berhasil mengumpulkan total lebih dari Rp2 miliar dari kampanye ini. “Nominal ini lebih besar dua kali lipat dari tekad kami semula,” ungkap Chandra. Total dalam kampanye tersebut, Philips menyerahkan sisa kontribusi sebesar Rp1.502.774.000 yang didapatkan dari program penjualan paket spesial LED yang berakhir pada Januari 2017 kepada UNICEF. Kontribusi pertama sejumlah Rp500 juta telah diserahkan kepada UNICEF dalam acara resmi program gerakan Kembali ke Sekolah di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada Oktober tahun lalu.

“Di Philips, kami selalu berusaha meningkatkan kehidupan masyarakat melalui inovasi dan menunjukkan tanggung jawab sosial kami pada masyarakat. Kami beruntung dapat bekerja sama dengan UNICEF yang juga merupakan mitra global kami, sebagai pihak yang dapat membantu untuk memastikan bahwa kontribusi yang kami berikan tepat sasaran,” ucap Chandra.

Dia juga menceritakan bahwa awal kolaborasi Philips Lighting Indonesia dan UNICEF dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Juni 2016, ketika Philips Lighting Indonesia bertekad untuk berkontribusi sebesar Rp1 miliar melalui kampanye tersebut. Sementara itu, UNICEF Indonesia Representatif Gunilla Olsson menuturkan bahwa pendidikan memegang peranan penting untuk mengakhiri kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial di Indonesia maupun di setiap negara lainnya.

Iman firmansyah