Edisi 20-02-2017
Cicipi Makanan Pendamping Ramen


SIDE dish atau makanan pendamping adalah item makanan yang menyertai hidangan atau pendamping hidangan utama.

Sebelum menyeruput ramen selagi hangat, beberapa hidangan pembuka yang termasuk side dish ini pun bisa dipesan sebagai penyegar mulut. Di Restoran Ippudo yang terkenal dengan menu ramen khas Negeri Sakura, ada varian pilihan side dish menemani santap ramen. Dalam undangan pembukaan gerai terbaru Ippudo di Central Park beberapa waktu lalu, KORAN SINDO pun mencoba beberapa side dish yang cocok dengan menu ramen.

Side dish merupakan menu ringan sebagai pendamping makanan, misalnya salad, kentang, dan roti, yang biasa digunakan dengan menu utama banyak negara di barat. Side dish diperkenalkan dalam dekade terakhir. Side dish biasanya juga disajikan dalam mangkuk atau piring kecil, berbeda dengan piring makan berukuran besar untuk hidangan utama. Hidangan khas Amerika dengan hidangan utama berbasis daging, termasuk memiliki hidangan sayuran sebagai side dish , kadang-kadang dalam bentuk salad dan lauk, seperti roti, kentang, nasi, atau pasta.

Sementara untuk hidangan Jepang, side dish juga bisa berupa sayuran salad, salad kentang, termasuk edamame rebus. Di Ippudo, yang sekarang telah memiliki 90 restoran di Jepang dan 60 cabang di berbagai kota besar dunia, seperti New York, Sydney, Hong Kong, Indonesia, Singapura, Taipei, ini, mempunyai berbagai menu pendamping sebelum mencicipi ramen. Beberapa di antaranya merupakan favorit global di Ippudo seluruh dunia.

Pertamatama ada goma q sebagai sajian dari potongan mentimun Jepang yang diberi minyak dan bumbu bawang putih dengan bubuk cabai dan wijen putih. Segarnya menu ini menjadi global favorit di Ippudo seluruh dunia dan cocok menemani santap ramen. Sementara sayuran lain yang segar di mulut yaitu peperoncino edamame, balance rasa edamame dengan cabai dan pedas rasa Jepang yang bagi orang Indonesia masih bisa diterima, disertai olive oil . Kemudian, menu selanjutnya fried chicken bun .

Di restoran ini ada dua macam, yang pedas dan tidak. Isian ayam digoreng garing dengan tepung diberi saus mayones dan diapit roti kukus. Pilihan lain ada deep-fried shrimp bun dengan isian udang garing. “Sementara yang masuk global favorite dan paling disukai pelanggan Ippudo seluruh dunia adalah pork bun,” ungkap Amanda Sihombing, Senior Manager Ippudo Indonesia, saat opening store terbaru Ippudo di Central Park, Jakarta Barat.

Selanjutnya, aburi salmon roll merupakan salah satu hidangan sushi yang bisa menjadi pendamping sebelum menyantap ramen. Salmon segar dibumbui dengan mentaiko dengan topping cod row . Setelahnya disajikan pula pilihan makanan sebelum menyeruput ramen yang diberi cocolan saus tartar. Menu chicken nanban yang berupa ayam dimarinasi bersama bumbu tertentu ini lalu ditepung dan digoreng garing. Renyah dan berasa berbumbu ketika sudah di mulut. Tentu masih ada banyak menu yang bisa dicoba untuk memanjakan lidah.

Misalnya, potato salad, salmon mango salad, green salad, classic gyoza, sake mentari rice , Ippudo teppan fried rice , dan tentunya varian rasa ramen Ippudo yang terkenal. Jangan khawatir bagi Anda yang tidak bisa makan pork , karena walau belum bersertifikat halal dari MUI, Ippudo juga menyediakan ramen dengan kuah ayam yang terpisah memasak maupun pancinya dengan Ippudo berkuah pork.

Setelah mencoba beberapa side dish atau pendamping sebelum makan ramen, pencinta mi khas Jepang ini pun bisa menikmatinya dengan cara zuzuto , yaitu makan ramen dengan cara menyeruput ramen ala orang Jepang.

Dyah ayu pamela