Edisi 20-03-2017
Menikmati Menu Autentik Italia


SAJIAN dari Negeri Menara Pisa terkenal seantero dunia. Namun, resep autentik seperti di negara asalnya jarang ada.

Di Sapori Deli, restoran Italia, Anda bisa menemukannya. Kesempatan untuk mencicipi hidangan asli Italia pun datang kepada KORAN SINDO pada Rabu (15/3) lalu dari Sapori Deli, restoran Italia, di Hotel Fairmont Jakarta. Sapori Deli di Fairmont Jakarta secara khusus mengudang Chef Antonio Facchinetti dari Prego, sebuah restoran Italia ternama di Singapura yang berada di Fairmont Singapore. Sang chef khusus didatangkan untuk menyajikan hidangan istimewa bagi tamu.

Dalam preview event, KORAN SINDO pun mencicipi terlebih dahulu beberapa menunya, mulai appetizer hingga dessert. Chef Antonio tidak hanya menyajikan masakan khas Italia, tetapi juga menggelar cooking demo interaktif, di mana para tamu dapat belajar memasak hidangan Italia klasik dengan metode terbaik. “Kami sangat senang bisa kembali menghadirkan chef tamu ke Fairmont Jakarta yang membawa antusiasme dan pengalaman kuliner yang berkesan untuk para tamu kami,” ujar Alvaro Acebal, Director of Food & Beverage Fairmont Jakarta.

Kali ini pengunjung Sapori Deli diajak menikmati kesegaran cita rasa autentik resep tradisional masakan Italia. Chef Antonio yang berasal dari Ponte di Legno (Brescia) di wilayah Lombardy, Italia, telah dikenal pengalamannya dalam masakan Italia. Dia telah menjelajah dunia dalam perjalanan kulinernya. Menu ala Tuscany yang disajikan terdiri dalam 5 course set menu . Sajian pertama sebagai pembuka ada caprese di stracciatella , yang segar dalam paduan tomat heirloom, keju stracciatella, baby basil, dan white balsamic.

Selanjutnya, carpaccio di wagyu ini merupakan wagyu beef carpaccio, quail egg yolk, permesan chips, garden herbs, dan grated black truffle. Hidangan utamanya, hadir bigoli con bacalla, yaitu house-made bigoli yang merupakan sejenis pasta “venetion style “ dengan bumbu salted cod fish. Sajian begitu fresh di mulut, kenyal pasta berpadu bumbu yang meresap. Lalu tortelli di patate dari braised potato tortelli dengan duck ragu dan black truffle hadir sebagai salah satu hidangan pasta juga, masih dengan kekenyalan tekstur dan bumbu paduan ala Tuscany.

Kemudian, datang hidangan agnello in crosta, ini merupakan daging domba yang dimasak bersama kacang pistachio , sebagai pelengkap hadir fresh pea dan mint pesto untuk sausnya. Menu ini disajikan berikut tulang dombanya. Terakhir untuk dessert ada sajian klasik custard with sweet pastry , yaitu torta al cioccolato , ini merupakan paduan chocolate delight dengan wild berries coulis. Rasanya melekit dengan cokelat hitam yang pahit.

Dyah ayu pamela