Edisi 21-04-2017
Makanan Aneh yang Jadi Favorit


SETIAPnegara memiliki hidangan tradisional masingmasing, itu hal biasa. Namun, ada beberapa negara yang memiliki hidangan yang cukup aneh bagi pandangan umum, tapi dianggap lezat bagi penduduknya. Mari berpetualang sejenak untuk mengetahui daftarnya.

-BALUT
Jajanan pinggir jalan ini sangat populer di Filipina. Balut adalah sejenis telur bebek atau ayam yang masih berbentuk embrio. Biasanya dimasak dengan cara direbus, dan langsung dimakan. Balut diyakini memiliki kandungan protein yang tinggi dan zat perangsang nafsu berahi. Menurut orang yang sudah mengonsumsinya, rasanya lebih enak daripada tampilannya. Selain di Filipina, balut juga menjadi makanan umum di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam. Biasanya balut disajikan dengan bir.

-KEPALA DOMBA UTUH
Makanan ini adalah salah satu makanan lezat di Islandia. Seluruh bagian kepala domba bisa dikonsumsi kecuali bagian otaknya. Warga Islandia kerap menyimpan makanan ini untuk musim dingin yang cukup berat. Makanan kepala domba ini memiliki tantangan tersendiri karena disajikan masih dalam bentuk kepala dan harus dimakan hingga habis. Pipi dan lidah dianggap bagian paling lezat dari seluruh hidangan. Kepala domba ini dijual hampir di semua toko besar maupun kecil. Cara memasaknya, yakni rebus kepala domba dalam air dengan sedikit garam, diamkan agar agak dingin, lalu siap disantap.

-SANNAKJI
Merupakan varian dari hidangan mentah yang siap disantap dalam masakan Korea. Ini adalah sejenis nakji atau gurita kecil yang telah dipotong kecil-kecil, dibumbui dengan wijen dan minyak wijen, lalu disajikan segera. Potongan-potongan nakji biasanya masih menggeliat di piring ketika hidangan ini disajikan. Jadi, jika tidak dikunyah dengan hatihati, potongan yang masih hidup ini bisa menempel di mulut dan tenggorokan.

-ROCKY MOUNTAIN OYSTERS
Ini adalah hidangan yang sangat terkenal di Amerika Barat dan Kanada Barat. Di sana banyak ditemukan peternakan sapi dan pengebirian hewan muda yang dianggap hal biasa. Rocky mountain oysters adalah testis banteng, babi, atau domba. Setelah dibersihkan, testis dilapisi tepung yang dicampur merica dan garam lalu digoreng. Terkadang hanya disajikan dengan cara ditekan atau ditumbuk hingga bentuknya lebih tipis. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka dengan saus koktail.

-PENIS YAK
Yak adalah sejenis sapi yang banyak ditemui di Tibet atau Himalaya. Hidangan ini sangat digemari di China. Makanan ini juga dikenal sebagai Dragon in the Flame of Desire . Penis yak paling sering disajikan di Restoran Guolizhuang di Beijing yang terkenal menjual makanan jenis penis dan testis. Penis yak juga dipercaya memiliki manfaat baik untuk kulit.

-SOSIS DARAH
Sesuatu yang terasa asing di dunia Barat, tapi sangat populer dikonsumsi di Eropa, Asia, Spanyol, dan Kenya. Ini juga biasa disebut puding hitam atau sosis darah. Darah ini diambil dari babi, sapi, domba, atau kambing, sesuai dengan negara yang membuatnya. Sosis darah pada dasarnya dibuat dengan mencampur darah hewan dengan oatmeal dan beberapa unsur yang mengikatnya. Biasanya dikonsumsi dengan cara dipanggang, digoreng, atau bahkan dapat dimakan dalam bentuk dingin. Di Irlandia, ini adalah makanan yang kerap disajikan sebagai sarapan pagi.

-BOLA MATA TUNA
Makanan ini mudah didapat di sebagian besar toko di Jepang. Di sana hidangan ini disajikan dengan cara digoreng bersama bawang putih dan kecap. Bola mata yang dikelilingi lemak ikan ini disebutsebut rasanya seperti cumi-cumi. Bola mata tuna ini juga bisa dimasak dengan cara sederhana, yakni hanya direbus dan kemudian dibumbui.

-LABA-LABA GORENG
Laba-laba goreng adalah makanan yang sangat lezat di Kamboja. Di Kota Skuon, laba-laba goreng yang menjadi camilan istimewa ini merupakan daya tarik populer bagi wisatawan. Camilan ini juga tersedia di tempat lain di Kamboja. Laba-laba spesies tarantula seukuran telapak manusia ini digoreng dan bagian yang biasa dinikmati adalah kakinya.

(susi susanti)