Edisi 24-04-2017
Letkol Rudi Dilantik Jadi Dandim Kota Yogya


YOGYAKARTA – Sempat tertunda beberapa kali, Kodim 0734/Yogyakarta akhirnya memiliki pimpinan baru. Letkol Inf Rudi Firmansyah secara resmi menggantikan Dandim lama Letkol Inf Hotlan Maratua Gurning. Sertijab dilakukan di Makorem 072/Pamungkas, kemarin.

Letkol Gurning selanjutkan akan mengisi pos baru sebagai Kepala Tim Guru Militer di Akademi Militer, Magelang. Sedangkan Letkol Rudi Firmansyah sebelumnya menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam IV/Diponegoro. Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan yang memimpin langsung sertijab mengatakan, pergeseran posisi di tubuh TNI AD merupakan hal biasa. Pergeseran dilakukan sebagai bagian dari pembinaan personel yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Untuk personel, pergeseran ini jadi bagian tour of duty dan tour of area demi pengembangan karis dan menambah pengalaman tugas yang lebih luas. Pergeseran ini juga jadi bagian dari upaya meningkatkan kinerja organisasi agar lebih dinamis,” kata Fajar. Untuk itu, Fajar meminta di mana pun dan apa pun jabatannya, prajurit harus bisa memberikan pengabdian terbaik. “Untuk Letkol Gurning saya ucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya. Semoga pengalaman ini jadi bekal untuk mengabdi lebih baik di tempat baru,” kata Fajar.

Danrem juga mengucap terima kasih kepada Ny Hotlan Maratua Gurning yang telah aktif di kepengurusan Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 072/Pmk dan Persit KCK Cabang Kodim 0734/Yka. “Saya yakin kesuksesan dan keberhasilan suami dalam mengemban tugas, ditentukan pula oleh dukungan, dorongan serta kehebatan seorang isteri,” kata Hotlan. Bagi Dandim baru, Danrem meminta untuk segera beradaptasi. Hotlan berharap, kepercayaan, kehormatan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan TNI AD diterima dengan rasa syukur. “Amanah ini harus pula disertai tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan ini dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Letkol Rudi mengaku siap menjalankan amanah dengan baik. Kota Yogyakarta, kata Dandim, tidak terlalu asing bagi dirinya.

Sodik