Edisi 20-02-2017
Komunitas Cinta Berkain Hadirkan Pesta Budaya


ADAbanyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat masyarakat terhadap penggunaan kain wastra Nusantara dalam kegiatan seharihari.

Salah satunya Komunitas Cinta Berkain (KCB) yang secara konsisten mengajak masyarakat untuk mengenakan kain wastra Nusantara, termasuk dalam pergelaran Indonesia Fashion Week (IFW). KCB menyelenggarakan pesta budaya pada awal Februari lalu di Jakarta Convention Center, Jakarta. Dalam pesta budaya tersebut, KCB turut menyelenggarakan talk show bertema “Pelestarian Budaya Berkain Kedaerahan dalam Keseharian Pemakaian”. Tema ini sejalan dengan misi KCB untuk menggunakan kain sebagai busana keseharian.

KCB juga melakukan demo gaya berkain daerah untuk aktivitas keseharian yang diperagakan anggota KCB, antara lain Ina Rahma untuk gaya etnis kontemporer kain khas Batak, Corry Kastubi yang menengahkan kain Batak, dan Chitra untuk gaya klasik keseharian kain Jawa. Sejalan demo gaya berkain daerah untuk aktivitas keseharian, diperagakan pula cara berkain keseharian yang kekinian dari berbagai daerah lain, seperti Sumatera, NTB, NTT. Peragaan ini turut dimeriahkan penampilan tim tari KCBI bertema “Lenggang Nusantara” dan lantunan indah lagulagu Nusantara dari paduan suara di bawah pimpinan Ussy Pieters.

“Kami berharap pergelaran budaya ini mampu menciptakan minat yang lebih besar lagi untuk menggunakan kain dari berbagai daerah Nusantara sebagai busana keseharian,” ujar Sita Hanimastuti, pendiri dan Ketua Umum KCB.

Andari novianti