Edisi 20-03-2017
Jutaan Tripleks Ludes Dilalap Si Jago Merah


PURWOREJO – Di tengah ting ginya intensitas hujan yang turun belakangan ini, justru kebakaran dialami PT In do - tama, sebuah pabrik kayu lapis atau tripleks yang beralamat di Desa Dukuhrejo, Kecamatan Ba yan, Kabupaten Purworejo, pa da Sabtu (18/3) sore.

Pabrik yang memproduksi ba han kayu lapis sejenis tri - pleks ini ludes dilalap si jago me rah. Kejadiannya sekitar pu - kul 14.30 WIB, berawal dari per cikkan api di ruangan oven atau tempat untuk penge ring - an kayu lapis. Kondisi sore itu yang masih cerah, membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke ruangan lainnya. Seorang saksi mata, Wa lu yo, 29, menyebut, sekitar pukul 14.30 WIB, terjadi kepulan asap di atas ruangan pengering.

“Awalnya kami hanya melihat ke pulan asap. Namun setelah ka mi lebih mendekat dengan ru angan pengeringan, kami li - hat api sudah menguasai ba - ngunan tersebut,” kata Waluyo. Pihak pabrik langsung me - ngontak kepolisian setempat. Polisi Polsek Bayan langsung melakukan evakuasi terhadap lokasi kebakaran dan meminta seluruh pekerja keluar dan men jauh dari titik api.

Kapolsek Bayan AKP Sur - yan to membenarkan api pertama kali diketahui dari ruangan oven. “Percikan api pertama di ru angan pengovenan, setelah itu dengan cepat api bergeser ke bangunan yang lainnya,” kata Suryanto. Tak berselang lama Tim Pe - ma dam Kebakaran dari Kantor Sapol PP dan Pemadam Ke ba - kara n setempat yang dibantu Tim Damkar Kota Magelang dan Kebumen melakukan tu - gas nya.

Hanya saja evakuasi agak terhambat disebabkan di wi layah pabrik tidak terdapat sungai sebagai sumber air. Tim Damkar terpaksa ha - rus menuju ke sungai di ka was - an Ke camatan Kutoarjo. Me re - ka ha rus menempuh jarak se - kitar 8 kilometer untuk me - ngam bil air. “Jarak kami de - ngan sumber air cukup jauh. Ta pi beruntung kami dibantu juga dari Tim Dam kar Ma ge - lang dan Kebu men,” kata Pe tu - gas Damkar Sat pol PP Ma ge - lang Sumaji, ke marin.

Hingga magrib, Tim Pe ma - dam Kebakaran belum berhasil mematikan si jago merah. Na - mun, menjelang malam, ak hir - nya seluruh titik api berhasil dipadamkan. Selain jarak tempuh mencari air cukup jauh, eva kuasi sempat terhambat de - ngan banyaknya warga sekitar yang datang ingin menyaksi - kan kejadian itu. Bahkan se bu - ah mobil damkar bernopol AA 9599 BC yang hendak me - ngam bil air untuk keperluan pemadaman api di pabrik tersebut menabrak sepeda motor.

Mobil damkar yang dikemudikan Parmono, 34, warga Desa Hulusobo Kecamatan Ka - li gesing menabrak sebuah se - pe da motor yang ditunggangi dua orang. Akibatnya, dua pe - ngendara motor Jupiter yang ber nama Indra Gunawan, 22, dan Mujiman, 68, warga Desa Lu bang Lor, Kecamatan Butuh, ter kapar dihantam mobil dam - kar dari arah berlawanan. Ke ce - la kaan dua kendaraan berbeda bobot itu terjadi di Jalan Raya Purworejo-Kutoarjo, tepatnya di Jalan Raya depan Swalayan Laris, Bayan.

Saksi mata menjelaskan mo bil damkar dari arah Bayan hendak ke Kutoarjo, yang hendak mencari sumber air untuk pemadaman kebakaran bertabrakan dengan motor dari arah berlawanan. Kedua pe ngendara langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. “Ke - dua korban yang mengendarai se peda motor dilarikan ke RS Pa lang Biru, Kutoarjo. Se dang - kan sopir damkar baik-baik saja,” kata Kanit Kecelakaan La lu Lintas Satlantas Pur wo re - jo, Iptu Edi Winawan.

Kembali ke proses evakuasi pemadaman api di pabrik kayu lapis, seluruh petugas berji ba - ku menyemprotkan air ke titik api. Sebagian karyawan pabrik se ca ra bergotong royong me - nga mankan beberapa kayu yang terletak di dekat gedung yang terbakar. Polisi menduga bahwa ke ba - karan itu disebabkan oleh hu - bungan arus pendek di gedung oven. Kemudian api membesar dan menjalar ke bagian lain. “Kami perkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Suryanto.

hery priyantono