Edisi 20-03-2017
NasDem Bersiap Gugat Gubernur


MALANG –Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Malang menyiapkan gugatan terhadap Gubernur Jawa Timur Soekarwo karena menghambat proses permohonan pergantian antarwaktu (PAW) atas Lukito Eko Purwandono.

Padahal, permohonan tersebut sudah dilayangkan dua kali, namun hingga kini Lukito masih menjadi anggota Dewan. Penasihat hukum Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Malang, Eko Setyo Cahyono mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan surat permohonan ketiga ke gubernur melalui ketua DPRD Kabupaten Malang. “Jika tidak diproses, kami akan melakukan gugatan,” kata dia kemarin.

Eko menjelaskan, Lukito telah dipecat karena tersandung kasus perselingkuhan pada Mei 2016. Dia lalu dipecat karena dianggap bersalah dan akhirnya mendekam di Lapas Lowokwaru. Sejak saat itu, Partai NasDem mengajukan surat permohonan PAW ke gubernur melalui ketua DPRD Kabupaten Malang. Mengenai langkah hukum terhadap orang nomor satu di Jawa Timur itu masih menunggu keputusan Pengadilan Negeri Kepanjen yang belum inkracht.

Gugatan Lukito terhadap DPP Partai NasDem melalui Pengadilan Negeri Kepanjen ditolak. Selain menolak eksepsi yang diajukan penggugat, sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Budiarso pada awal Maret 2017 itu juga mewajibkan Lukito harus membayar perkara sebesar Rp836.000.

Penasihat hukum Lukito, Teguh Prasetyo Nur Widianto, mengaku batas waktu yang diberikan pengadilan untuk menyampaikan apakah menolak atau menerima putusan ini hingga akhir Maret 2017. “Saya baru menerima surat pemberitahuan dari pengadilan per tanggal 13 Maret 2017 dan masih ada tenggat waktu hingga 27 Maret,” ujar dia. Teguh mengaku pihaknya akan memutuskan apakah melakukan upaya hukum lebih lanjut setelah bertemu Luktio.

yosef naiobe