Edisi 20-03-2017
Peminat Dari Kalangan Menengah Atas


SENI pahat buah ini memang belum populer untuk semua lapisan masyarakat karena peminatnya masih sangat segmented, yakni kalangan atas.

Umumnya sajianbuahukiriniadadihotelberbintang empat atau lima, tetapi sebenarnya sebagian besar chef profesional bisa membuat seni fruitcarving ini. Karenaumumnya hidangan di hotel berbintang juga ada garnish atauhiasanuntukmeningkatkan selera makan. Biasanya garnish ini menggunakan teknikyangumumdigunakanuntuk fruit carving .

Salah satu yang pernah memesan fruit carving adalah Danis Marlia. Dia mengaku memilih fruit carving karena mampu memunculkan semangat tersendiri. Apalagi dirinya memang suka dengan makanan yang ditampilkan secara unik. Danis pernah memesan fruit carving ketika perayaan ulang tahun sang adik. Saat itu dia ingin mengirimkan hadiah yang anti-mainstream.

Ia pun akhirnya memilih fruit carving yang diukir dengan nama adiknya dan dikelilingi ukiran bunga. “Kadang kalau makan kue orang takut gemuk kan ? Apalagi cewek-cewek. Nah, dari situ kepikiran pesan fruit carving yang dipahat sedemikian rupa hingga cocok dan pas untuk hadiah ulang tahun,” kata Danis. Karena tampilan fruit carving yang terlihat cantik, Danis mengaku kadang dirinya merasa sayang jika harus dipotong untuk dimakan.

Padahal buahbuahan yang dipahat ini memang bisa dimakan. Hanya saja supaya tampilannya menarik, kebanyakan akan disajikan dengan beragam bentuk yang diukir lewat seni fruit carving. Berbeda dengan Danis, Rudi Handoko yang juga pernah memesan fruit carving menuturkan, kala itu dirinya menggelar pesta pernikahan di ballroom sebuah hotel dan semuanya memang tampil meriah.

Karena itu dia menginginkan kuliner yang disajikan tidak boleh kalah meriah, termasuk buah-buahannya. Dia pun memesan fruit carving. Tampilan buah diukir dengan bentuk sepasang pengantin. Menariknya, buah-buahan tersebut tidak hanya menggunakan satu jenis buah, tetapi digabung dengan buah lain supaya secara keseluruhan mirip dengan gambar orang. “Waktu pesan ya agak ragu ya , kira-kira bisa gak? Tapi setelah saya lihat ternyata hasilnya memang bagus dan saya senang. Dengan fruit carving ini ternyata buah-buahan juga bisa tampil menarik,” papar Rudi.

mamik wijayanti