Edisi 20-03-2017
KPU Buka Kembali Kotak Suara


JEPARA – KPU Kabupaten Jepara membuka kembali kotak suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Hal itu dilakukan guna kepentingan barang bukti dalam persidangan perselisihan hasil Pemilu Jepara 2017 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sidang pertama sudah dilaksanakan pada Jumat (17/3) dengan agenda pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi gugatan pasangan Subroto- Nur Yahman. Sidang kembali digelar pada Rabu (22/3) dengan agenda mendengar jawaban termohon. Komisioner KPU Kabupaten Jepara Koko Suhendro mengatakan, alat bukti tambahan yang diajukan pemohon berupa daftar nama TPS surat suara tidak sah sebanyak 328 TPS.

TPS-TPS tersebut tersebar di 15 kecamatan di Jepara, kecuali Karimunjawa. “Kalau sebelumnya hanya menyebut angka (suara tidak sah), kemarin ada penambahan daftar TPS-nya,” ujarnya kemarin. Dengan penambahan alat bukti tersebut, KPU Jepara akhirnya harus membuka sejumlah kotak suara sebagai dasar memberikan jawaban gugatan termohon. Pembukaan kota suara dilakukan pada Sabtu (17/3) lalu.

Pembukaan kotak suara dilakukan pada kotak PPK di 15 kecamatan untuk keperluan persidangan. “Pembukaan kotak disaksikan panwas dan kepolisian. Kami mengacu pada PKPU No 15/2016 terkait pembukaan kota suara diperbolehkan untuk keperluan persidangan,” ungkapnya.

KomisionerKPUKabupaten Jepara Subchan Zuhri menambahkan, saat ini pihaknya masih menyusun jawaban gugatan pemohon. Sidang kedua dijadwalkansekitarRabu( 22/3) sekitarpukul09.00WIB. “Pada prinsipnya kami bekerja sudah sesuai aturan,” tandasnya.

wikha setiawan