Edisi 11-01-2017
Pemkab Tanggung Biaya Pengobatan Relawan


SLEMAN – Pemkab Sleman berjanji akan menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan terhadap relawan dan petugas yang mengalami kecelakaan saat menjalankan tugas pada bencana alam.

Seperti halnya yang dialami pegawai harian lepas (PHL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Su pri - yadi yang mengalami kecela ka - an kerja ketika mengevakuasi po hon roboh di belakang Ru - mah Dinas Wakil Bupati Sle - man, kemarin. “Semua biaya pengobatan dan perawatan kami (pemkab) yang tanggung,” kata Bupati Sleman Sri Purnomo saat menjenguk Supriyadi di ruang IGD RSUD Sleman kemarin. Menurut Sri Purnomo, dari keterangan dokter, Supriyadi tidak perlu rawat inap, namun hanya rawat jalan.

Untuk itu, agar kejadian itu tidak terjadi lagi, bupati mengimbau pada re - lawan dan petugas yang untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada sekaligus siaga saat menjalankan tugas. Mengenai cuaca ekstrem yang mengakibatkan angin ken - cang di sebagian wilayah Sle - man, Bupati meminta ma sya ra - kat bila terjadi hujan ber lin dung di tempat yang aman dan tidak berlindung di bawah pohon.

Antok, salah satu anggota Tagana Sleman yang menjadi sak si di lokasi kejadian ketika di - temui di IGD RSUD Sleman menjelaskan, kecelakaan kerja terjadi saat Supriyadi bersama 20 rekan dari BPBD dan Tagana Sleman mengevakuasi pohon tumbang di belakang Rumah Di nas Wakil Bupati Sleman. Me nurutnya, saat itu korban sedang memotong pohon randu yang roboh menggunakan gergaji mesin.

“Kejadian persisnya saya ku rang tahu, tapi ber - dasarkan in formasi dari rekanrekan ketika korban memotong pohon tersebut gergajinya men tal dan me ngenai bagian ba wah lututnya,” ucapnya.

Priyo setyawan