Edisi 27-03-2017
Baru 750 Unit Rusunami Jakabaring Terjual


PALEMBANG – Perusahaan Umum (Perum) Perumnas ma - kin dekat merampungkan pr o - yek pembangunan rumah su - sun sederhana milik (rus u na - mi), yang berada tidak jauh dari kawasan Jakabaring Sport City (JSC) menjelang Asian Games 2018 nanti.

Akhir pekan lalu, pihak Pe - rum nas menyatakan baru 750 unit rusumani dengan gaya apar temen tersebut yang ter - jual. General Manager Perum nas Regional II Rohmad Bu di yanto mengatakan, pihaknya terus menawarkan unit pe ru ma h an rusunami yang sedang diba - ngun. Dari 2.700 unit yang dita - war kan, baru sekitar 750 unit yang sudah di-booking alias terjual. “Pembangunan terus lan jut, dan baru 750 unit yang terjual,” ujarnya.

Ditambahkannya, jangkauan penawaran yang dilakukan pihaknya kepada calon pembeli saat ini terus diperluas. Awal nya, hanya terbatas pada para pe gawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pe merintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) saja, se - lan jutnya kini mulai di ta war - kan kepada para pegawai dari unsur muspida, termasuk para dosen dari lingkungan uni ver - sitas yang ada di Sumsel. “Ha - rapannya akan cepat terjual,” sambungnya.

Tipe rusumani Jakabaring tersebut dibagi dalam tiga tipe yakni 36, 45 dan 72. Nilai jual yang ditawarkan juga di se suaikan dengan ukuran apar te - men. Berdasarkan data Pe-rum - nas pertengahan 2016 lalu, tipe 25 dengan ukuran luas ruangan 8,7 meter persegi dijual dengan harga Rp217 juta/unit. Sementara ukuran 36, dijual dengan Rp313,2 juta /unit, dan tipe 45 dijual de - ngan harga Rp469,8 juta/unit.

Rusunami Perumnas ini me n jadi salah satu fasilitas pendukung Asian Games 2018 nanti. Rusunami akan dipe-r - gu nakan bagi penginapan atlet sekaligus officer saat pe - nye lenggaraan Asian Games Agustus 2018 mendatang. S e - te lahnya, rusunami akan di - jual pada kalangan pegawai dan unsur muspida lainnya. Dia mengatakan, lokasi srategis dari rusunami apar te - men ini yakni berdekatan de - ngan rencana kawasan sirkuit MotoGP.

Hal ini tentunya me - nu rut Rohmad, akan memberi nilai lebih bagi masyarakat yang nantinya tinggal di ru su - na mi tersebut untuk me nik - ma ti perhelatan MotoGP di JSC. “Ada posisi yang menarik di apartemen ini, yakni meng ha - dap langsung dengan bebe ra - pa venue, termasuk sirkuit,” paparnya. Sebelumnya, ia juga me - nga ta kan, pembangunan ru - su n ami juga mendapatkan subsidi dalam hal harga jual lahan.

Misalnya, harga jual ta - nah per meter di Palembang bisa mencapai Rp12 juta, maka harga lahan di rusunami Ja ka - baring ini bisa hanya sekitar Rp7–8 juta saja per meter. “Ada subsidi yang bisa diperoleh, harga lebih murah, na mun dengan fasilitas yang lebih banyak ditawarkan, ka re - na setara dengan fasilitas pe - ngi napan atlet internasional,” akunya.

Aspek menjaga bangunan rusunami ini juga disam pai - kan Gubernur Sumsel Alex Noer din. Ia berpesan agar Pe - rum nas juga selektif memilih penghuni apartemen ru sunami Jakabaring. Hal ini guna menjaga kualitas bangunan setelah dipergunakan setelah Asian Games 2018 men da - tang.

Pemilihan calon peng hu - ni juga mempertimbangkan aspek perawatan bangunan yang dibangun pemerintah tersebut. “Harus selektif juga, lalu jika bisa juga disosialisasikan bagaimana menjaga ba ngu - nan nya. Ini apartemen per ta - ma yang dibangun pe me rin - tah. Harapannya bisa menjadi contoh pengadaan peru mah - an masyarakat guna menekan kebutuhan rumah terjangkau masyarakat kota,” ung - kapnya.

tasmalinda